Erabaru.net. Pernahkah Anda jatuh ke dalam jurang keputusasaan yang dalam, menemui jalan buntu untuk menyerah? Kisah di bawah ini mungkin membuat Anda berpikir secara berbeda.

Petani di Alabama selatan (AS) telah bertahun-tahun terbiasa menanam hanya satu tanaman, kapas (digunakan untuk pemintalan, pertenunan).

Satu tahun, di wilayah itu mulai muncul serangga menakutkan yang merusak semua tanaman mereka. Tahun berikutnya, petani Alabama harus menjaminkan rumah mereka di bank agar terus bisa menanam kapas, tetapi, ketika tanaman kapas mulai tumbuh, serangga-serangga itu muncul lagi dan memusnahkan harapan mereka.

Beberapa orang yang selama dua tahun itu mengalami gagal panen tidak memiliki cara lain selain mencoba sesuatu yang belum pernah mereka tanam sebelumnya: tanaman kacang. Tanpa diduga, varietas ini dengan cepat disukai oleh pasar, begitu banyaknya sehingga pendapatan tahun itu cukup bagi mereka untuk melunasi hutang mereka dua tahun sebelumnya. Sejak itu, petani mulai menanam kacang dan tumbuh subur.

Petani Alabama membangun monumen serangga yang merusak tanaman mereka (Foto: zaidellab)

Yang mengejutkan, para petani ini menggunakan sebagian dari penghasila mereka untuk membangun sebuah monumen di jantung kota untuk “mengabadikan” serangga yang merusak tanaman mereka. Karena jika bukan karena serangga itu, mereka mungkin tidak akan pernah berpikir untuk menanam kacang dan hanya akan tergantung pada tanaman kapas yang tumbuh dari generasi ke generasi.

Kita sering mengeluh tentang tanggung jawab kita setiap kali kita jatuh ke dalam kesulitan. Tetapi setiap kesulitan memiliki nilainya. Jika kita tidak menyerah, kita dapat menganggapnya sebagai kesempatan untuk memperjuangkannya, mungkin kita akan menemukan karunia Tuhan.

Faktanya, kesuksesan dan kegagalan dalam hidup juga ada pada satu titik. Ketika kesenangan datang, tentu saja siapa yang tidak bahagia? Ketika hal-hal buruk menyerang, mampu berpegang pada kemauan dan menemukan cara untuk mengatasi kesulitan adalah kunci untuk membuat masalah besar. Setiap orang yang sukses mengalami kegagalan. Yang penting adalah bagaimana kita menghadapi mereka.

 

Ilustrasi. (Foto: pinterest)

Menghindar, takut menghadapi kesulitan tidak dapat menyelesaikan masalah, sebaliknya memperburuk situasi. Lihatlah langsung ke masalah, analisis, dan temukan solusi terbaik yang mungkin ada dalam ruang lingkup.

Biasanya, jika Anda bisa melakukan itu, Anda akan mendapati hal-hal yang tidak menakutkan seperti yang kita bayangkan. Ada pepatah: “Perahu akan langsung ke ujung jembatan”, hanya memiliki keinginan untuk menjadi tangguh, berjuang dengan optimis, tidak ada yang bisa menyulitkan Anda.(yant)

Sumber: dkn.tv

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular