Erabaru.net. Sebuah perusahaan farmasi di Malaga, Farma-Química Sur, keliru menjual obat vasodilator yang diindikasikan untuk alopecia-kebotakan, dan kemasan itu dianggap sebagai omeprazole.

Kesalahan internal menyebabkan mereka memasarkan minoxidil, vasodilator kuat yang digunakan untuk pengobatan alopecia, seolah-olah itu adalah obat omeprazole (mengobati refluks lambung pada orangtua), yang menyebabkan pasien yang mengonsumsinya mengembangkan hipertrikosis atau sindrom werewolf.

“Dahi, pipi, lengan, kaki, dan tangan anakku dipenuhi rambut … Dia memiliki alis orang dewasa. Itu sangat menakutkan karena kami tidak tahu apa yang terjadi padanya, ”kata Angela Selles, ibu Uriel, salah satu bayi yang terkena dampak.

Sejauh ini, ada 17 bayi yang terkena dampak telah terdaftar di Spanyol menurut sumber dari Badan Obat dan Produk Kesehatan Spanyol (Aemps).

Kasus pertama yang dilaporkan oleh dokter dari anak di bawah umur kepada Sistem Farmakovigilans Spanyol untuk Produk Obat-obatan untuk Penggunaan Manusia (SEFV-H), mengkhawatirkan Aemps.

Penelitian berfokus pada sirup yang digunakan untuk mengobati refluks lambung pada orangtua yang telah dijual di beberapa apotek. Ini adalah bagaimana inspektur Aemps tiba di pabrik Farma-Química Sur di Malaga.

Ketika menganalisis omeprazole dari India, mereka memperhatikan bahwa itu dalam kondisi sempurna, tetapi dalam jumlah yang lebih kecil yang dijual secara massal ada kesalahan.

Ada kebingungan serius dalam prosesnya, bukan karena obat itu dicampur dengan komponen lain, melainkan dalam selebaran itu menunjukkan bahwa itu omeprazole meskuun itu sebenarnya adalah minoxidil.

Werewolf syndrome ditandai dengan menyebabkan pertumbuhan rambut yang berlebihan di seluruh tubuh . Aemps, di bawah Kementerian Kesehatan, mengetahui tentang kasus seorang anak baru yang terkena dampak di Granada.

Ada sepuluh bayi yang terkena dampak di Cantabria, empat di Andalusia dan tiga di Valencia.

Ibu dari seorang bayi yang mengembangkan sindrom itu, yang tidak mau mengungkapkan identitasnya, mengatakan dia sangat sedih melihat perubahan putranya yang berusia tiga bulan.

“Kami pergi ke dokter anak dan dia memberi tahu kami bahwa itu bisa menjadi sesuatu yang generik atau metabolik . Kami harus mulai pergi ke spesialis untuk mengesampingkan beberapa sindrom dan kondisi yang sangat langka, ”katanya kepada media.

Pada 11 Juli, Aemps menerbitkan peringatan, tetapi pemberitahuan kasus baru anak-anak yang didiagnosis dengan hipertrikosis menyebabkan perpanjangan peringatan 22 jenis obat-obatan pada 6 Agustus lalu.

Pabrik ditutup karena pelanggaran serius terhadap standar kontrol untuk pembuatan obat-obatan. Mereka memiliki jangka waktu enam bulan untuk menanggapi laporan yang disajikan dengan kesalahan, dengan rencana tindakan korektif untuk memperbaikinya, batas waktu mungkin lebih pendek jika perusahaan mengajukannya sebelumnya.

Jika disetujui oleh inspektur, pabrik dapat melanjutkan operasi. Jika tidak, otorisasi mereka untuk membuat produk farmasi akan dibatalkan.

Menurut dokter, rambut yang tumbuh di tubuh anak-anak dapat memakan waktu berbulan-bulan untuk menghilangkan. Beberapa pasien memiliki masalah pada jantung.

Tidak ada preseden pasien muda yang menelan minoxidil dalam jumlah besar, ini dikenal sebagai “peristiwa sentinel”, sedang diselidiki untuk mengetahui dampak dari zat aktif pada pasien. Efek samping paling berbahaya yang bisa ditimbulkannya adalah gangguan jantung.

Kantor Kejaksaan Cantabria membuka investigasi kasus pada awal Agustus lalu setelah empat keluarga mengajukan keluhan melalui proses pidana.(yn)

Sumber: viralistas

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular