Erabaru.net. Hingga 70% dari wilayah Bumi ditutupi oleh air, tetapi pada kenyataannya, sekitar 2,2 miliar orang di seluruh dunia berada dalam lingkungan di mana tidak ada sumber air bersih yang cukup untuk digunakan.

Untuk mengatasi masalah ini, LSM telah membuka rencana untuk menggunakan panel tata surya untuk mengubah air laut menjadi air minum!

Menurut UNICEF dan WHO, 1 dari 3 orang di planet ini tidak memiliki akses air bersih untuk digunakan. Situasi paling serius adalah di Afrika sub-Sahara, mereka telah memilih kota kecil di Kenya ini untuk uji coba memecahkan masalah kekurangan air bersih dengan tenaga surya.

(Foto: Instagram / givepowerfoundation)

Pabrik desalinasi tradisional mengonsumsi banyak listrik dan mahal, dan juga sulit untuk memenuhi kondisi konstruksi di daerah yang berbatu. Tahun lalu, LSM membangun pabrik air tenaga surya pertama di dunia di Kenya. Pabrik itu memiliki panel surya yang menghasilkan energi 5.000 watt dan mengkonversi air bersih yang cukup untuk memberi kebutuhan 35.000 orang setiap hari.

(Foto: Instagram / givepowerfoundation)

Proses desalinasi pada tanaman terkadang memiliki efek buruk pada tanaman dan hewan, tetapi konversi oleh matahari hampir tidak berdampak pada lingkungan. Selain itu, air yang dihasilkan dengan cara ini lebih baik daripada desalinasi.

Sebelumnya, 3.500 warga setempat membutuhkan setidaknya satu jam untuk mencapai sumber air dan mereka harus berbagi air dengan satwa liar. Kualitas airnya sangat kotor.

“Ketika Anda melihat anak-anak setempat, ada berapa tanda di tubuh mereka, yang disebabkan oleh penggunaan garam yang terlalu tinggi untuk menjernihkan air,” kata Hayes Barnard, kepala program. .

(Foto: Instagram / givepowerfoundation)

Karena faktor-faktor seperti polusi air, diperkirakan pada tahun 2025, setengah dari populasi dunia harus tinggal di daerah kekurangan air. Penggunaan kembali air limbah dan konversi air laut telah menjadi tugas penting. Hanya 2,5% dari air di Bumi adalah air tawar, tetapi karena Bumi semakin hangat, menyebabkan pencairan, laju ini secara bertahap menurun.

(Foto: Instagram / givepowerfoundation)

Sulit membayangkan bahwa orang membutuhkan setidaknya 3.000 liter sehari untuk memenuhi kebutuhan gizi mereka. Mandi selama 10 menit sehari, rata-rata orang akan mengonsumsi lebih dari 100.000 gelas air bersih, tetapi karena tidak diolah dengan benar, hingga 80% dari air ini dibuang langsung melalui selokan.

 

(Foto: Instagram / givepowerfoundation)

Organisasi non-pemerintah saat ini memasang panel tata surya di lebih dari 2.500 sekolah, bisnis, dan pusat tanggap darurat di 17 negara dan mereka masih mengumpulkan dana untuk membangun lebih banyak ladang energi. Produksi air dengan panel tata surya, berharap bisa menyelesaikan masalah kekurangan air di masa depan.

 

(Foto: Instagram / givepowerfoundation)

Minum air bersih setiap hari adalah kebutuhan yang paling penting tetapi bagi banyak orang di seluruh dunia, ini sangat mewah. Melihat orang Kenya minum air bersih dengan gembira dan bahagia, kita hanya bisa merasakan betapa berharganya air bersih.(yn)

Sumber: tinnhanh.dkn.tv

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular