Erabaru.net. Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa jendela pesawat selalu berbentuk oval atau bulat dan tidak persegi atau persegi panjang seperti mobil atau kereta api?

Padahal, pada masa awal mendesain pesawat, jendelanya sering persegi atau persegi panjang sehingga penumpang bisa menikmati pemandangan di luar dengan lebih nyaman. Ini mungkin berasal dari “kebiasaan” lama dalam membentuk jendela di rumah dan mobil. Namun, kemudian, mereka dikonversi menjadi oval atau bulat.

Pada 1950-an lalu, pesawat menjadi populer di seluruh dunia. Mereka mampu terbang lebih tinggi, kecepatan terbang jauh lebih besar dari sebelumnya. Akibatnya, pengiriman melalui udara juga menjadi populer. Namun, muncul masalah, dua pesawat tiba-tiba jatuh di kapal pesiar. Setelah menyelidiki, para ahli menentukan penyebab terletak pada jendela persegi.

Saat ini, jendela pesawat dirancang dalam bentuk bulat atau oval. (Foto: nesannews)

Apa penyebab yang mendasarinya?

Sudut yang tajam atau sudut persegi adalah tempat pesawat berada di bawah tekanan. Mereka melemah di bawah tekanan dari udara, terutama di bawah tekanan atmosfer yang tinggi. Tekanan di sudut jendela adalah 3, 4 kali lebih tinggi daripada di bagian lain, sehingga jendela mudah pecah. Di bawah tekanan konstan, empat sudut jendela persegi di pesawat menjadi tragedi mengerikan.

Sebaliknya, jendela oval atau bulat tidak memiliki titik benturan yang terpusat, sehingga tekanan dan distribusi gaya lebih seragam, meminimalkan kemungkinan retak. Selain itu, bentuk bulat dan oval lebih kuat, tidak cacat dari luar, sehingga mereka dapat menahan tekanan yang dihasilkan oleh perbedaan tekanan antara luar dan di dalam pesawat.

Jendela bulat atau oval dapat menahan tekanan udara ketika pesawat bergerak dengan kecepatan tinggi. (Foto: dzentlmenis.lv)

Dengan demikian, berkat jendela bundar atau oval ini, kita memiliki penerbangan yang lebih aman. Selain itu, ini sama sekali tidak mempengaruhi estetika pesawat dan penumpang masih nyaman melihat pemandangan romantis di luar selama penerbangan.

Perubahan yang tampaknya kecil dapat membawa efek yang tak terduga! (yn)

Sumber: dkn.tv

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular