oleh Xu Zhenqi

Juru bicara Kantor Perwakilan Dagang AS atau Office of the United States Trade RepresentativeUSTR- pada hari Rabu 4 September malam mengatakan, AS-Tiongkok sepakat untuk mengadakan negosiasi perdagangan tingkat menteri di AS.  

Rencana itu dibuat setelah pembicaraan lewat sambungan telepon antara Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dengan Ketua tim negosiasi Tiongkok, Liu He. 

Reuters melaporkan, juru bicara perwakilan dagang AS itu, Jeff Emerson dalam  pernyataan melalui e-mail mengungkapkan kesepakatan itu. Pertemuan bakal digelar di Washington dalam beberapa pekan ke depan. 

Sebelum diskusi, AS – Tiongkok akan mengadakan pertemuan sub-level pada pertengahan bulan September untuk meletakkan dasar bagi kemajuan perundingan.

Kementerian Perdagangan Tiongkok : Delegasi Tiongkok berangkat pada awal bulan Oktober

Sebelum perwakilan dagang AS mengkonfirmasi bahwa negosiasi perdagangan negeri PAMAN SAM – Tiongkok akan berlangsung, Kementerian Perdagangan Tiongkok juga mengatakan, bahwa delegasi perundingan dari kedua pihak akan mengadakan pembicaraan perdagangan di Washington pada awal bulan Oktober.

Kementerian Perdagangan Tiongkok pada hari Kamis lalu mengatakan, negosiator perdagangan utama Beijing Liu He telah berbicara lewat sambungan telepon dengan Perwakilan Dagang AS Lighthizer dan Menteri Keuangan Mnuchin. 

Kedua pihak sepakat untuk mengadakan perundingan putaran ke-13 pada awal bulan Oktober. Pelaksanaan terkait konsultasi serius akan dimulai pada pertengahan bulan September, untuk sepenuhnya mempersiapkan kemajuan substantif dari konsultasi tingkat tinggi.

Dalam pernyataan itu, disebutkan bahwa Menteri Perdagangan Tiongkok Zhong Shan, Gubernur Bank Sentral Yi Gang, dan Wakil Direktur Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional Tiongkok, Ning Jizhe juga ikut dalam pembicaraan telepon itu.

Hari Minggu lalu, perang dagang AS – Tiongkok kembali menghangat, karena AS memberlakukan tarif 15% untuk komoditas Tiongkok senilai 112 miliar dolar AS. Tiongkok juga mengenakan tarif tambahan 5% dan 10% untuk 1.717 dari 5.078 item komoditas Amerika Serikat. Tapi, Beijing tidak merinci nilai barang yang menghadapi kenaikan tarif.

Trump : Sudah Saatnya Melawan Komunis Tiongkok

Hari Rabu lalu, ketika Trump menjawab pertanyaan dari wartawan tentang apakah delegasi perdagangan Tiongkok mengunjungi AS bulan ini, ia berbicara tentang masalah konfrontasi AS dengan komunis Tiongkok saat ini.

Trump mengatakan, Jika dirinya tidak ingin mengambil tindakan apapun terhadap Tiongkok, bursa sahamnya dan bursa saham AS  dapat naik sampai 10.000 poin. Akan tetapi, ada orang yang terpaksa harus melakukannya untuk melawan Tiongkok. 

Bagi Trump, hal demikian lebih penting daripada ekonomi. Ada orang yang terpaksa melakukan. Trump menegaskan, AS terpaksa berurusan dengan masalah Tiongkok dan  harus diselesaikan.

Menurut Trump, dirinya bahkan tidak membicarakan Tiongkok murni dari segi ekonomi, ia juga berbicara tentang aspek-aspek lain. 

Kemudian, ketika Trump menyinggung soal tanggapannya terhadap opioid dan pendanaan negara, Trump sekali lagi berbicara tentang perang dagang AS – Tiongkok. 

Presiden AS ke 45 itu mengatakan, Tiongkok sangat ingin mencapai kesepakatan. Apalagi, mereka sedang mengalami kondisi terburuk selama 50 tahun terakhir. Jutaan pekerjaan telah lenyap, rantai pasokan telah nyaris hancur atau hancur. Trump tidak berpikir bahwa Tiongkok bisa melanjutkan perkembangan dalam keadaan seperti itu.

Meski demikian, Trump mengajak untuk melihat apakah Tiongkok ingin mencapai kesepakatan. Trump memberitahukan bahwa pihak Tiongkok berkeinginan mencapai kesepakatan. Trump kemudian mengajak melihat dengan seksama, apakah Tiongkok akan kembali ke meja perundingan. 

Suami Melanie Trump itu menekankan, bahwa ekonomi AS dalam kondisi sangat baik. Tetapi ia mengatakan, jika ekonomi tidak berkinerja baik, ia juga harus melakukan sesuatu untuk melawan komunis Tiongkok. Karena waktu sangat ketat, maka Trump menegaskan pada saat inilah waktunya.

Politisi Partai Republik AS itu mengatakan, Washington tidak dapat terus menerus kehilangan 500 miliar dolar AS setiap tahunnya. Ditambah lagi, praktek itu telah berlangsung selama bertahun-tahun. Oleh karena itu, sekarang sudah tiba saatnya. 

Menurut Trump, Ada orang yang harus melakukan sesuatu, yang mana Presiden Obama, Presiden Bush dan Presiden Clinton harus melakukannya. Akan tetapi, mereka memutuskan untuk tidak melakukannya. Trump menegaskan, Presiden-presiden itu menyerahkan tugas mereka kepada dirinya. (sin)

Share

Video Popular