Erabaru.net. Gemma Cairns, seorang wanita berusia 32 tahun dari Skotlandia, tidak dapat mengingat kapan terakhir kali dia mengalami keheningan total. Bahkan tanpa adanya suara-suara dari luar, dia dapat mendengar segala sesuatu yang terjadi di dalam tubuhnya, dari darah yang mengalir melalui nadinya, hingga gerakan matanya.

(Foto: Pixabay)

Cairns telah dapat mendengar suara-suara yang datang dari dalam tubuhnya selama yang bisa diingatnya, tetapi dia menyadari yang tidak biasa itu saat memberitahu kepada ibunya saat remaja.

Dia telah mencari penjelasan sejak itu, tetapi sampai tiga tahun yang lalu, dokter tidak dapat mendiagnosis dengan baik kondisinya dan hanya meresepkan obat untuk telinga yang tersumbat dan masalah hidung.

Tidak ada yang berhasil, dan wanita muda itu terus bertanya apa yang salah dengannya. Untungnya, dia pindah ke Glasgow pada tahun 2016, dan bertemu dengan seorang spesialis yang akhirnya mendiagnosisnya dengan bilateral dehiscence kanal setengah lingkaran superior.

Kondisi langka ini berarti bahwa Gemma kehilangan bagian dari tulang temporal kecil di kedua saluran telinganya, yang memengaruhi pendengaran dan keseimbangannya saat bergerak.

Dokter merekomendasikan dia menjalani operasi sesegera mungkin untuk memperbaiki masalah, tetapi setelah menjalani operasi telinga kanannya awal September, dia harus menunggu sampai bulan depan untuk mudah-mudahan merasakan keheningan untuk pertama kalinya.

(Foto: Unsplash)

“Dia mengatakan kita perlu operasi dan melakukannya satu sisi pada suatu waktu. Anda tidak dapat melakukan operasi pada keduanya pada saat yang sama karena itu membuat Anda benar-benar kehilangan keseimbangan untuk sementara waktu, “Gemma Cairns mengatakan kepada Daily Record. “Saya pikir operasi itu sendiri memakan waktu tiga jam dan kemudian saya harus menginap selama beberapa hari. Saya ingin sembuh, tetapi pemulihan itu sendiri sangat melelahkan. “

Tumbuh dewasa, dan bahkan sebagai orang dewasa, wanita berusia 32 tahun itu selalu menganggap dokter menganggapnya sedikit “gila” ketika dia mengatakan kepada mereka bahwa dia bisa mendengar aliran darah, gerakan mata, dan detak jantungnya sendiri, terutama karena dia tidak pernah bisa menemukan kata-kata yang tepat untuk menggambarkan suara itu.

“Ketika Anda mengatakan kepada seseorang ‘Saya bisa mendengar bola mata saya bergerak’, orang-orang bertanya seperti apa suaranya dan saya mencoba memikirkan begitu banyak hal yang bisa saya uraikan, tetapi saya tidak bisa memberi tahu Anda suara yang terdengar bahkan mirip dengan itu, ”kata Gemma. “Saya belum pernah mendengarnya di luar kepala saya. Ini bukan suara cair, ini lebih dari suara gesekan. Kedengarannya seperti suara itu mengenai sisi bola mataku. Ini tidak mencicit, tetapi mirip. Jauh di belakang kepala saya. Saya juga menderita tinitus, jadi selalu ada suara berisik. ”

“Aku belum pernah mendengar kesunyian total. Saya selalu memiliki suara. Saya selalu mendengar mata saya bergerak dan detak jantung saya di kepala, ”tambah wanita berusia 32 tahun itu. “Itu tidak bisa dijelaskan. Saya tidak bisa menjelaskan kepada seseorang seperti apa suara itu sebenarnya. “

(Foto: Pixabay)

Seperti yang dapat Anda bayangkan, harus mengatasi suara-suara yang datang dari dalam tubuh Anda dan juga suara-suara dari luar bisa sangat membuat stres, tetapi Gemma selalu berusaha menjaga suara yang berlebihan agar tidak mengganggu pekerjaan dan kehidupan sehari-harinya. Ada saat-saat itu menjadi terlalu banyak, misalnya ketika dia menggerakkan matanya sangat cepat, atau ketika jantungnya mulai memompa lebih cepat.

Wanita muda itu benar-benar ingin berlari lebih sering, tetapi kondisinya membuatnya sulit, karena detak jantungnya naik dan dia bisa mendengarnya lebih keras dari biasanya.

“Saya sangat suka berlari tetapi sekali lagi itu karena ketika jantungku mulai memompa lebih cepat, itu seperti berdenyut tinitus dan saya mendengarnya dan merasakannya,” kata Gemma. “Itu membuat saya sangat pusing dan kadang-kadang saya hanya berpikir itu tidak layak.”

Meskipun mengetahui bahwa ia berisiko kehilangan pendengarannya, Gemma Cairns menjalani operasi untuk memperbaiki saluran telinga kanannya awal September lalu, dan akan dilakukan operasi lagi di saluran telinga kiri pada bulan Oktober bulan depan. Dia berharap akhirnya mengalami keheningan yang tepat setelah itu.(yn)

Sumber: odditycentral

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular