- Erabaru - http://www.erabaru.net -

‘Tanduk Setan’ Sepanjang 10 Sentimeter yang Tumbuh di Kepala Seorang Pria dari India Diangkat dengan Cara Operasi

Erabaru.net. Sebuah ‘tanduk setan’ seanjang sekitar 10 sentimeter yang tumbuh di kepala seorang pria di India akhirnya berhasil dihilangkan.

Shyam Lal Yadav, seorang petani di India berusia 74 tahun, mengatakan tanduk mirip unicorn muncul sekitar lima tahun yang lalu, namun sekarang itu telah hilang dari kepalanya.

Awalnya tanduk itu dikendalikan oleh tukang cukurnya, tetapi petani itu mengatakan selanjutnya menjadi sulit dan menjadi begitu lama sehingga dia harus mencari bantuan seorang ahli bedah.

Ahli bedah saraf di Rumah Sakit Bhagyoday Tirth di Kota Sagar, India, telah melakukan operasi pengangkatan tanduk tersebut – kadang-kadang disebut ‘tanduk setan’ dan dia sekarang mulai pulih.

[1]
(Gambar: Goal Post Media / SWNS)
[2]
(Gambar: Goal Post Media / SWNS)

 
Ahli bedah Dr. Vishal Gajbhiye mengatakan: “Sekitar lima tahun yang lalu pasien telah melukai kepalanya dan kemudian benjolan mulai tumbuh.”

Awalnya, dia mengabaikannya karena tidak menyebabkan ketidaknyamanan. Dia juga melakukan pemotongan agar tidak tumbuh panjang dengan bantuan tukang cukur setempat.

Tetapi, ketika benjolan itu mengeras dan mulai tumbuh lebih panjang, ia mendatangi rumah sakit di Sagar.

[3]
(Gambar: Goal Post Media / SWNS)
[4]
(Gambar: Goal Post Media / SWNS)

Dalam istilah medis, jenis pertumbuhan langka ini disebut sebaceous horn (tanduk setan).

Karena tanduk terdiri dari keratin, bahan yang sama ditemukan di kuku, tanduk biasanya dapat dihilangkan dengan pisau cukur steril.

[5]
(Gambar: Goal Post Media / SWNS)

Segera setelah pengangkatan, kulit dicangkokkan pada luka yang sekarang sudah sembuh total.

Shyam, yang berasal dari Desa Rahli di Madhya Pradesh, India, mengatakan benjolan itu telah bertambah besar sejak 2014 lalu.

Penyebab tanduk masih belum diketahui, tetapi diyakini bahwa paparan radiasi atau sinar matahari dapat memicu kondisi tersebut.

Foto menunjukkan tanduk itu menjulang tinggi di atas kepalanya, sebelum dia mendapat bantuan.

Awalnya para dokter melakukan CT pada Shyam untuk menentukan perawatan apa yang diperlukan.

Ahli bedah menggunakan pisau cukur untuk menghilangkan tanduk dan perlu mengobati akar penyebab pertumbuhan untuk mencegahnya kembali di masa depan.

Shyam menghabiskan sepuluh hari di rumah sakit untuk pulih dari operasi dan biopsi pertumbuhan menegaskan itu tidak berbahaya.

Rincian kasus telah dikirim ke International Journal of Surgery karena jarangnya jenis pertumbuhan ini, kata para dokter. (yn)

Sumber: Mirror

Video Rekomendasi: