Erabaru.net. Ada ratusan varietas anggur yang dibudidayakan di Jepang, tetapi hanya satu yang sangat didambakan sehingga bisa dijual seharga beberapa ratus dolar per anggur (satu biji). Ruby Roman dikembangkan di Prefektur Ishikawa Jepang dan dianggap sebagai salah satu buah termahal di dunia.

Kisah Ruby Roman dimulai pada 1995, ketika petani anggur Ishikawa mengimbau Pusat Penelitian Pertanian Prefektur untuk membuat varietas anggur merah besar. 400 tanaman eksperimental ditanam di lahan uji, dan dua tahun kemudian, mereka mulai berbuah.

Namun, dari 400 tanaman, hanya 4 yang berubah menjadi anggur merah, dan hanya satu di antaranya yang dianggap cukup besar untuk memenuhi harapan petani.

Selama 14 tahun ke depan, para peneliti secara selektif membiakkan varietas anggur ini, secara konstan meningkatkan ukuran, rasa, warna dan kemudahan penanamannya, dan hari ini Ruby Roman dianggap sebagai “harta karun Ishikawa”.

Pada tahun 2008, segera setelah melakukan debut komersial, varietas anggur Ruby Roman menjadi berita utama internasional setelah 700 gram anggur dijual seharga 100.000 yen (sekitar Rp 13 juta). Itu sudah disebut-sebut sebagai varietas anggur paling mahal di dunia, dan reputasi itu perkuat delapan tahun kemudian, ketika sekelompok 26-anggur dijual seharga 1,1 juta yen (sekitar Rp 144 juta).

Sementara nama Ruby Roman digunakan untuk menggambarkan berbagai anggur, sebenarnya, setiap tandan harus memenuhi standar yang sangat ketat untuk menjadi layak nama. Misalnya, setiap anggur dalam tandan harus memiliki berat setidaknya 20 gram dan memiliki kandungan gula minimal 18 persen.

Ada juga kelas premium anggur Ruby Roman, yang bahkan memiliki standar yang lebih ketat. Agar diberi label Premium, anggur Ruby Roman harus memiliki berat lebih dari 30 gram, dan jumlah keseluruhannya harus paling sedikit 700 gram. Dengan kata lain, mereka harus sempurna.

Anggur Ruby Roman sulit dibeli, dengan sebagian besar tandan tersedia melalui lelang, tetapi Premium Ruby Roman sangat sulit ditemukan. Misalnya, pada 2010, hanya enam tandan anggur yang bersertifikat premium, dan pada 2011 tidak ada tandan yang memenuhi syarat untuk label premium.

Menurut situs web resmi Ruby Roman, varietas anggur ini memiliki tingkat keasaman yang sangat rendah dan kandungan gula dan air yang sangat tinggi, yang menghasilkan rasa manis mengisi mulut Anda ketika Anda menggigitnya. Bahwa jika Anda bisa mendapatkannya, itu adalah … Anda dapat membeli anggur Ruby Roma individual, Anda harus membayar setidaknya 2.000 yen untuk satu biji.

Dan jika Anda bertanya-tanya bagaimana nama Ruby Roman muncul, nama itu tampaknya dipilih oleh penduduk Prefektur Ishikawa dari 639 varian nama yang berbeda.(yn)

Sumber: odditycentral

Share

Video Popular