Erabaru.net. Saat ini manfaat hewan dalam pengobatan (terapi) penyakit tertentu sudah dikenal luas. Sudah diketahui semua orang bahwa ada praktik dengan kuda yang membantu orang autis atau anjing pelihara yang dilatih untuk berkolaborasi dengan berbagai jenis pasien.

Di Votuporanga, Sao Paulo, Brasil, Edio Especiato Ferreira, 58 tahun, mengalami kecelakaan di rumah, lenganya patah sehingga dia dibawa ke rumah. Tapi kakatua, burung perliharaannya tidak bisa menghabiskan berhari-hari tanpa melihatnya, jadi dia meninggalkan kandangnya untuk langsung menuju kamar lelaki tua yang pengasih itu di rawat.


 
Semua ini dimungkinkan berkat kerjasama staf Rumah Sakit Santa Casa de Votuporanga, yang melihat bagaimana suasana hati lelaki tua itu runtuh karena tidak adanya Cockatiel, kakatua-nya.

Maka dengan bantuan Ana Beatriz da Silva Ferreira, putri Edio, mereka memutuskan untuk merencanakan kunjungan khusus.

Pertemuan berlangsung di taman pusat kesehatan, karena secara politik tidak diperbolehkan masuknya hewan ke tempat itu. Namun, tidak ada yang nyaman bagi pasien dan burung untuk menikmati kejutan.

“Saya di rumah dan jatuh dari tempat tidur. Saya tiba di rumah sakit dan harus meninggalkan Cockatiel saya. Saya sangat merindukannya. Dia adalah teman baik saya. Berjalan menyusuri jalan bersama saya, kami tidur bersama. Dia telah berada di keluarga selama empat tahun, ” kata pria tua itu.

Tapi Edio bukan satu-satunya yang menderita karena perpisahan itu, Cockatiel juga merasa tidak enak dan merindukan ayahnya. Ketika Ana berkomentar, kakatua itu tidak mau makan dan enggan mendekati mereka, suasana hatinya telah hancur.

Kunjungan ini diawasi oleh koordinator Dinas Sosial, Ticiane Carla Luiz Camilo, yang tahu betapa pentingnya jenis momen ini bagi seorang pasien. Pertemuan seperti ini akhirnya menjadi terapi dan membawa manfaat seperti berkurangnya kecemasan.

“Selain membantu proses pemulihan, ini membantu mempersingkat lamanya perawatan dan, dalam beberapa kasus, bahkan dapat mempromosikan penyembuhan beberapa penyakit. Karena mereka adalah bagian dari struktur keluarga seperti anggota lainnya, hewan peliharaan dapat menghibur mereka yang menerima bantuan dan membawa kehidupan normal mereka ke lingkungan rumah sakit, ”kata Ticiane.

Seperti yang kita lihat, kekuatan hewan peliharaan melampaui sekadar teman. Makhluk-makhluk ini dapat membantu kita mengatasi stres dalam situasi yang paling buruk dan dengan cinta mereka, mereka meningkatkan suasana hati dan memotivasi siapa pun. Jika Anda tidak percaya, lihat saja kegembiraan Edio untuk melihat kakatua lagi.(yn)

Sumber: zoorprendente

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular