Erabaru.net. Krishna’s Butterball adalah objek wisata di Kota Mahabalipuram, dekat Chennai, selatan India.

“Krishna’s Butterball ” adalah batu besar, dengan ukuran yang diperkirakan lebih dari 250 ton, tinggi sekitar 6 meter dan diameter 5 meter. Berdiri tegak di lereng dengan kemiringan 45 derajat. Yang aneh adalah, batu raksasa itu tidak berbulir selama ribuan tahun, seolah-olah menentang semua hukum fisika.

(Foto: Wikipedia)

Batu ini juga dikenal oleh penduduk setempat sebagai “Vaanirai Kal” (atau Batu Roh). Tujuan cerita ini menunjukkan kekuatan gaib para Dewa.

Sebagai legenda dalam agama Hindu, Dewa Krishna suka makan mentega dan sering menggunakan mentega dalam toples ibunya. Karena batu di Mahabalipuram berbentuk seperti setetes mentega yang dijatuhkan Dewa ke tanah, batu itu dijuluki “Bola Mentega Krishna”.

Tampaknya “Bola Mentega” akan bergulir kapan saja, tetapi orang-orang di sini telah mencoba menggunakan kekuatan manusia dan gajah untuk memindahkan batu ini dan belum mampu.

(Foto: Flickr)

Menurut catatan, pada abad ke -7 Masehi, Raja Narasimhavarman, takut batu itu akan diukir oleh pematung, mencoba untuk memindahkan Bola Mentega. Namun, dia harus menyerah karena bahkan kekuatan prajurit terkuat pun tidak bisa menggerakkan batu.

Pada tahun 1908, walikota Madras (sekarang Chennai), Arthur Lawley, memutuskan untuk sekali lagi memindahkan batu itu karena takut akan jatuh ke lereng bukit dan menghancurkan desa, dia menggunakan 7 gajah untuk menariknya, tetapi batu besar itu tidak bergerak.

(Foto: Wikipedia)

Seperti banyak misteri lain di dunia, belum ditemukan penjelasan yang masuk akal mengapa ada batu besar tergeletak di lereng yang curam tapi tidak bisa bergulir.

Ada ilmuwan yang berpikir bahwa itu terbuat dari alam, tetapi erosi tanah tidak dapat menghasilkan formasi batuan seperti itu. Juga dikatakan bahwa ini adalah bukti dari alien yang mengunjungi Bumi ribuan tahun yang lalu, dan sisanya percaya pada kuasa Roh.

Saat ini, batu masih menjadi tujuan populer oleh penduduk setempat dan wisatawan. Lokasi khusus dan kisahnya membuat banyak orang yang penasaran ingin berkunjung ke sana.(yn)

Sumber: dkn.tv

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular