Erabaru.net. Novel dan film Wuxia (seni bela diri dan kesatria) sangat populer di Tiongkok, tetapi sementara kebanyakan orang puas hanya membaca atau menonton eksploitasi pahlawan fiksi, beberapa pergi ke ekstrem untuk mengalami petualangan ini sendiri.

Jin Yong dianggap sebagai salah satu penulis Wuxia terbesar dan paling populer dalam sejarah, dan novel-novelnya telah mendapat kesuksesan besar-besaran di Tiongkok dan di seluruh dunia dan telah diterjemahkan dalam beberapa bahasa asing.

Karya-karyanya telah menginspirasi puluhan film seni bela diri dan serial TV, dan jika laporan berita di media Tiongkok dapat dipercaya, mereka bahkan telah mendorong beberapa penggemar berat untuk menjalani kehidupan mereka di belakang, menjelajah ke pegunungan, dan berlatih seperti Yong’s karakter dalam cerita.

Kasus pertama yang dilaporkan tentang penggemar novel Jin Yong yang pergi ke pegunungan untuk berlatih seni bela diri dilaporkan kembali pada bulan Maret tahun ini. Menurut sebuah artikel di situs web di Tiongkok  Zhihu, seorang lelaki berusia 20-an dengan nama Xiaohao, yang telah menjadi penggemar berat buku Jin Yong sejak kecil, telah pergi ke gunung untuk hidup sebagai pertapa dan berlatih seni bela diri untuk menjadi “pendekar”.

Foto-foto yang diposting secara online menunjukkan Xiaohao muda berlatih dengan tombak tradisional Tiongkok, yang digunakan oleh Lu Bu dalam karya fiksi Romance of the Three Kingdoms. Selain peperangan tombak, calon seniman bela diri ini juga berlatih pertempuran tak bersenjata, seperti tinju dan kung-fu. Setiap kali dia tidak berlatih, dia membaca novel Wuxia.

Jadi mengapa Xiaohao tidak berlatih di rumah saja? Ya, rupanya dia merasa masyarakat modern terlalu berisik, membuatnya tidak mungkin untuk fokus selama pelatihan. Dia merasa bahwa dia tidak maju dalam upayanya untuk menjadi seorang seniman bela diri seperti para pahlawan dari buku-buku favoritnya, jadi dia memutuskan untuk pergi ke gunung.

Namun, kasus Xiaohao bukan kasus yang pertama. Kembali pada bulan September, media Tiongkok menampilkan kisah penggemar lain dari novel Jin Yong, yang juga pergi ke pegunungan untuk berlatih seni bela diri.

Bermarga Tai, penggemar Wuxia ini rupanya menjadi begitu terpesona dengan cerita-cerita fiksi Jin Yong sehingga ia ingin membuatnya kembali dalam kehidupan nyata.

Dia menjadi begitu tenggelam dalam fantasi ini sehingga dia mulai mengidentifikasi dengan Yang Guo, pemeran utam dalam “The Return of the Condor Heroes” oleh Jin Yong. Permainan perannya lepas kendali ketika dia memukul dan memecahkan kacamata teman sekerja bernama Yin, karena dia menghubungkannya dengan Yin Zhiping, karakter lain dalam novel. Dan itu dia bayar dengan pekerjaannya.

Setelah menjadi pengangguran, Tai memutuskan untuk membenamkan dirinya ke dunia fantasi Jin Yong lebih jauh lagi, meninggalkan masyarakat dan pergi ke pegunungan untuk berlatih seni bela diri. Dia bahkan menggali lubang di tanah untuk meniru Makam Kuno di mana pahlawan fiksi Yang Guo dilatih dan bertemu dengan cintanya, Xiaolongnü.

Dalam foto-foto yang diposting di Weibo, Tai dapat dilihat sedang membaca novel Jin Yong di lubangnya di tanah, dan memompa tinjunya ke udara dengan gerakan kemenangan. Seperti Xiaohao, ia bermimpi menjadi pahlawan Wuxia di kehidupan nyata dan berpotensi bertemu dengan putri kesatria pribadinya.(yn)

Sumber: odditycentral

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular