Erabaru.net. Pada 11 November lalu, mantan Presiden Bolivia Evo Morales memposting di Twitter fotonya sedang tidur di lantai yang dilapisi selimut tipis sebelum melakukan perjalanan ke Meksiko untuk suaka.

“Ini adalah malam pertama saya setelah mengundurkan diri sebagai Presiden,” tulis Morales di Twitter dengan foto dirinya tidur di lantai yang dilapisi selimut tipis.

“Saya ingat waktu saya sebagai seorang pemimpin,” tulisnya.

Sebelumnya, pada 10 November, Morales mengundurkan diri sebagai Presiden Bolivia setelah berminggu-minggu protes keras yang berasal dari tuduhan kecurigaan menang karena kecurangan dalam pemilihan Presiden pada 20 Oktober. 

Menurut Fox News, gambar Morales tidur di lantai mungkin sebelum dia naik pesawat yang dikirim oleh Pemerintah Meksiko. Menteri Luar Negeri Meksiko Marcelo Ebrard mengatakan pada 11 November, Meksiko telah mengirim jet militer dari Peru ke Bolivia untuk menjemput. Morales.

Pihak berwenang Bolivia awalnya memberikan ijin penerbangan tersebut tetapi kemudian membatalkannya. Ketika pesawat kembali ke Peru, Bolivia setuju untuk membiarkan pesawat menjemput Morales. Tetapi Peru tidak mengizinkan pesawat untuk mengangkut Morales ke Peru. Paraguay akhirnya mengizinkan pesawat untuk mendarat.

Morales kemudian tiba di Meksiko dan berterima kasih kepada negara itu karena memberinya suaka, mengatakan bahwa mereka “menyelamatkan hidupku”.

Setelah Morales mengundurkan diri, bentrokan terus meningkat antara pendukung Morales dan oposisi. Masih belum diketahui siapa yang akan memegang posisi Presiden Bolivia. Namun, pada 12 November, Jeanine Anez yang berusia 52 tahun, seorang aktivis hak-hak perempuan dan pembawa acara televisi yang mengambil alih Senat, menjadi Presiden sementara Bolivia.(yn)

Sumber: dkn.tv

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular