Erabaru.net. Anda perokok? Waspadalah! Anda mungkin ingin meletakkan rokok setelah membaca artikel ini.

Baru-baru ini gambar dari paru-paru perokok telah beredar di media sosial dan itu terlihat sangat mengejutkan. Netizen menyebutnya sebagai iklan “anti merokok” terbaik karena gambar paru-paru yang menghitam menjadi viral.

(Foto: Mirror)

Menurut The Mirror, insiden itu terjadi di Rumah Sakit Rakyat Wuxi di Jiangsu, Tiongkok. Dokter Chen Jingyu dan tim transplantasi seharusnya mengambil organ paru-paru dari pendonor yang meninggal untuk disumbangkan kepada mereka yang membutuhkan, tetapi setelah mereka melihat paru-parunya, mereka memutuskan untuk membatalkan.

Video tim yang mengambil paru-paru telah ditonton lebih dari 25 juta kali. Pendonor itu diyakini adalah seorang pria berusia 52 tahun yang telah menjadi perokok berat selama 30 tahun dan dia sering merokok sebungkus sehari. Dia dinyatakan mati otak dan ingin menyumbangkan organnya sehingga tim dikirim.

(Foto: Mirror)

Namun, bukannya warna pink sehat yang diharapkan, petugas medis terkejut menemukan bahwa paru-paru itu berwarna hitam oleh tar dan tembakau yang telah ia hirup selama ini. Mereka menyadari bahwa paru-paru tidak dapat digunakan, meskipun tes awal menunjukkan bahwa paru-paru berfungsi dengan baik.

Dokter mengatakan bahwa paru-paru itu memiliki masalah seperti kalsifikasi paru-paru, penyakit paru-paru bulosa, dan emfisema paru sebagai akibat dari merokok selama tiga dekade, sehingga mereka tidak cocok untuk disumbangkan.

Dr Chen menulis posting menggunakan tagar “jieyan” yang berarti “berhenti merokok” dan berkata,: “Banyak perokok di negara ini memiliki paru-paru yang terlihat seperti ini. Tim kami memutuskan untuk menolak paru-paru ini untuk transplantasi. Jika Anda seorang perokok berat, paru-paru Anda mungkin tidak akan diterima bahkan jika Anda memilih untuk menyumbangkannya setelah kematian. Lihatlah paru-paru ini – apakah Anda masih memiliki keberanian untuk merokok? “

(Foto: Mirror)

Ketika ditanya, ia mengatakan kepada media setempat bahwa pria itu belum melakukan CT scan sebelum kematiannya.

“Dia dinyatakan mati otak, dan paru-parunya disumbangkan segera setelah itu. Tes indeks oksigenasi awal baik-baik saja, tetapi ketika kami mengambil organ, kami menyadari bahwa kami tidak akan dapat menggunakannya. Kami orang Tiongkok suka merokok. Tidak praktis mengatakan bahwa kami tidak akan menerima paru-paru semua perokok, tetapi ada standar yang ketat, ” katanya.

“Ini termasuk paru-paru di bawah 60 tahun pada pasien yang baru saja dinyatakan meninggal secara medis; infeksi ringan di paru-paru dan rontgen dada yang relatif bersih juga dapat diterima. Jika kondisi di atas terpenuhi, kami akan mempertimbangkan transplantasi paru-paru, ”tambahnya.

(Foto: Daily Mail)

Netizen terkejut dengan kondisi paru-paru sementara yang lain menandai teman-teman mereka untuk memperingatkan mereka tentang bahaya merokok. Meskipun ada gambar-gambar grafik dari berbagai penyakit yang diilustrasikan pada bungkus rokok, melihat rekaman video paru-paru yang sebenarnya jelas lebih sulit untuk ditangani.

Jadi, apakah Anda akan berhenti merokok?(yn)

Sumber: worldofbuzz

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular