Erabaru.net. Hanya seminggu setelah perusahaan Air Co. yang berbasis di Brooklyn meluncurkan vodka karbon-negatif berbasis udara, perusahaan di California mengumumkan jenis baru “daging tanpa daging” yang terbuat dari udara.

Tepat bernama Air Protein (Protein Udara), perusahaan Bay Area yang diduga menggunakan teknologi yang dikembangkan oleh NASA, untuk mengubah karbon dioksida (CO2) menjadi protein, seperti halnya tanaman.

Selama tahun 1960-an, badan antariksa AS mulai mencari cara untuk memberi makan para astronot pada misi selama setahun dengan mengandalkan satu sumber daya yang diproduksi oleh awaknya dalam kelimpahan – CO2.

Selama penelitian mereka, para ilmuwan menemukan kelas mikroba yang disebut hidrogenotrof yang mampu mengubah karbon dioksida menjadi protein. Bubuk yang dihasilkan dapat digunakan untuk membuat pasta, tetapi Air Protein sekarang ingin menggunakannya untuk membuat alternatif daging.

(Foto: Air Protein)

“Kita perlu memproduksi lebih banyak makanan dengan mengurangi ketergantungan pada sumber daya tanah dan air. Daging berbasis udara mengatasi masalah sumber daya ini dan banyak lagi, ”kata CEO Air Protein, Lisa Dyson. “Dunia merangkul daging nabati dan kami percaya daging berbasis udara adalah evolusi selanjutnya dari gerakan makanan yang diproduksi secara berkelanjutan yang akan berfungsi sebagai salah satu solusi untuk memberi makan populasi yang tumbuh tanpa membebani sumber daya alam.”

Perusahaan yang berbasis di California dilaporkan menyempurnakan proses yang dikembangkan oleh para ilmuwan NASA ke titik di mana protein berbasis CO2 dapat dibuat dalam “jam, bukan bulan”, dalam tangki fermentasi yang diisi dengan karbon dioksida dan berbagai nutrisi lainnya.

(Foto: Air Protein)

Kecuali jika Anda telah hidup di bawah batu selama beberapa tahun terakhir, Anda mungkin pernah mendengar tentang Impossible Burger – patty sayuran yang rasanya seperti daging.

Nah, orang-orang di belakang Air Protein berharap untuk mengembangkan alternatif yang lebih baik untuk daging, karena produk mereka akan sepenuhnya bebas dari pestisida, herbisida, hormon atau antibiotik.

Namun tidak ada kata tentang rasa, sesuatu yang bisa membuat atau menghancurkannya. Kami akan mencari tahu tahun depan, ketika perusahaan berharap untuk meluncurkan versi komersial.

Menariknya, sektor protein berbasis udara sudah cukup kompetitif, dengan perusahaan seperti Solar Foods telah mengumumkan produk inovatif mereka sendiri, seperti makanan kaya protein yang disebut Solein yang terbuat dari listrik, air dan udara.(yn)

Sumber: odditycentral

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular