Erabaru.net. Seorang wanita di Tiongkok yang batuknya keras dilaporkan mengakibatkan 10 tulang rusuk patah terkejut mendengar bahwa tulangnya menjadi rapuh karena penggunaan tabir surya yang berlebihan, yang menyebabkan kekurangan vitamin D yang parah.

Wanita berusia 20 tahun dari Provinsi Zhejiang, di Tiongkok bagian timur, pertama kali mulai mengalami batuk setelah menarik keluar tikar jerami untuk tidur karen udara yang panas di malam hari.

Dia mulai batuk malam itu juga, dan meskipun dokternya pertama kali mendiagnosisnya menderita asma alergi, batuk yang hebat segera menunjukkan masalah kesehatan yang lebih besar.

Setelah beberapa hari, setelah batuk yang sangat parah, Xiao Miao (nama samaran yang digunakan oleh media Tiongkok) mengalami rasa sakit yang hebat di sisi kiri dadanya, yang dideteksi disebabkan oleh beberapa patah tulang rusuk.

Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Penasaran oleh rasa sakit Xiao Miao, dokter melakukan lebih banyak tes yang mengungkapkan bahwa ia memiliki kepadatan tulang yang jauh lebih rendah daripada rata-rata populasi wanita Tiongkok, apalagi wanita seusianya. Dia juga menderita kekurangan vitamin D dan kadar kalsium serta fosfat darahnya juga sangat rendah.

Wanita berusia 20 tahun itu mengatakan kepada dokter bahwa dalam upaya mencegah kulitnya kecokelatan, ia terutama akan tinggal di dalam ruangan dan menggunakan tabir surya SPF50 sepanjang tahun, setiap kali ia keluar.

Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Dokter Xiao Miao mengatakan kepada wartawan bahwa kebiasaan kosmetik hariannya kemungkinan besar adalah penyebab 10 patah tulang rusuknya.

Dia menjelaskan bahwa orang seusianya dapat menyerap jumlah vitamin D yang diperlukan hanya dengan mengekspos kulit mereka di bawah sinar Matahari selama 20 menit tiga kali seminggu, tetapi karena penggunaan sunblock yang berlebihan, tidak ada cukup vitamin D yang disintesis.

Seperti yang dilaporkan Asia One, masalah ini agak kontroversial, karena sementara beberapa penelitian mengkonfirmasi pernyataan dokter, yang lain menunjukkan bahwa penggunaan tabir surya tidak menghambat sintesis vitamin D dalam tubuh.(yn)

Sumber: odditycentral

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular