Erabaru.net. Qizai, satu-satunya panda cokelat di dunia yang berada di penangkaran, telah diadopsi oleh badan amal yang berbasis di AS, minggu lalu.

Panda jantan, berusia 10 – setara dengan 30 tahun manusia – dikatakan memiliki bulu cokelat dan putih yang unik sebagai akibat dari kelainan genetik.

Qizai diadopsi oleh Pandas International, sebuah organisasi nirlaba di Colorado, AS, yang didirikan oleh Suzanne Braden dan Diane Rees pada tahun 2000 yang berkomitmen untuk konservasi panda.

Namun, panda itu akan terus tinggal di Pusat Penelitian Panda Raksasa Qinling, yang terletak di Provinsi Shaanxi, Tiongkok barat laut.

Panda itu diselamatkan saat masih anak berumur dua bulan, Qizai, yang namanya berarti “anak ketujuh,” pertama kali dibawa ke Pusat Penyelamatan, Pembiakan dan Penelitian Satwa Liar Shaanxi Rare untuk diberi makan dan perawatan medis.

Dia akhirnya diasuh oleh penjaganya saat ini, He Xin, yang menghabiskan waktu hingga 18 jam sehari untuk merawatnya.

Menurut He, Qizai “diintimidasi” oleh rekan-rekannya yang berbulu hitam dan putihnya, yang mengambil dan memakan bambunya ketika masih kecil.

“Ketika saya menyebut nama mereka, panda hitam-putih lainnya akan bereaksi dan mendatangi saya dengan cepat, tetapi untuk Qizai, biasanya perlu waktu baginya untuk menyadarinya,” katanya dalam wawancara 2016.

Tahun lalu, Qizai menjadi berita utama ketika pengasuhnya mempersiapkan dia untuk upaya kawin alaminya yang pertama.

Dia dipasangkan dengan Zhuzhu, panda “energik” yang telah melahirkan empat anak sehat pada saat itu.

Sementara pasangan telah menunjukkan minat satu sama lain, mereka gagal kawin setelah beberapa upaya.

Tanpa pilihan lain, para peneliti memutuskan untuk membuahi Zhuzhu secara buatan dengan sperma Qizai, tetapi itu tidak berhasil dan Zhuzhu menerima inseminasi lain pada bulan Maret 2019 (yang menghasilkan bayi panda kembar).

Dengan adopsi Qizai, Pandas International diberikan akses kepadanya dan akan menerima pembaruan rutin tentang hidupnya.

Pusat pembiakan di Tiongkok memungkinkan organisasi untuk mengadopsi Qizai seumur hidup untuk berterima kasih kepada mereka karena telah membantu dalam pekerjaan sehari-hari mereka dan menyumbangkan vaksin, instrumen laboratorium, boks bayi panda dan susu bubuk, menurut Xinhua.

Hanya lima panda cokelat-putih telah ditemukan sejak 1985, menjadikannya bagian langka dari spesies yang sudah rentan jumlahnya.

Saat ini ada 1.864 panda yang hidup di alam liar di seluruh dunia, menurut World Wildlife.(yn)

Sumber: nextshark

video Rekomendasi:

Share

Video Popular