Erabaru.net. Keju Västerbottensost dikenal sebagai “Kaisar Keju” di Swedia. orang-orang di sana sangat menyukai rasa dan tekstur krimnya yang rumit sehingga mereka menggunakannya untuk semuanya.

Ketika mereka bisa mendapatkan itu, karena Västerbottensost otentik hanya diproduksi di sebuah pabrik di desa kecil Burträsk. Orang-orang telah mencoba memproduksinya di tempat lain beberapa kali, tetapi hasilnya tidak sama.

Rahasia mengapa keju Västerbottensost hanya dapat diproduksi di Burträsk telah disebut sebagai salah satu misteri paling menarik di Swedia. Selama bertahun-tahun, orang telah mencoba memperluas produksi keju terkenal ini di berbagai bagian negara utara, tetapi tidak berhasil.

Mereka mencoba membuatnya di Falkenberg, sebuah kota di Swedia selatan, di Bollnäs, sebuah pemukiman di Swedia tengah, dan bahkan di Kota Umeå, dekat dengan desa Burträsk. tetapi keju yang dihasilkan tidak terasa seperti aslinya.

Resep dan cara membuat produksi sama, tetapi keju Västerbottensost yang dibuat di Burträsk selalu terasa lebih enak.

Kekhasan tanah atau iklim suatu wilayah telah diketahui memengaruhi rasa atau kualitas umum makanan atau minuman tertentu, tetapi dalam kasus Västerbottensost, kita berbicara tentang desa kecil, atau menurut beberapa orang, pabrik susu yang sangat kecil.

Meskipun tidak ada yang tahu persis mengapa Västerbottensost tidak dapat diproduksi di tempat lain, itu banyak teori. Beberapa percaya bahwa itu disebabkan oleh meteorit yang melanda daerah itu sejak lama, menciptakan sebuah danau di dekat Burträsk dan memperkaya tanah dengan kalsium, yang sekarang memengaruhi susu dan keju yang dijadikannya.

Yang lain percaya bahwa rasa unik keju Västerbottensost diberikan oleh rak pohon cemara yang dibiarkan matang selama 14 bulan, atau oleh flora unik di pabrik susu.

Meskipun menggunakan teknik analisis DNA forensik untuk menguraikan hubungan antara Västerbottensost dan pabrik susu Burträsk, para ahli keju tidak dapat memberikan penjelasan yang tidak terbantahkan. Ketika pabrik lokal meluas, lubang-lubang besar antara bangunan lama dan yang baru dibiarkan terbuka sehingga udara bisa mengalir bebas, kalau-kalau flora pabrik memang kunci keju.


 
Västerbottensost adalah keju yang lama matang, membutuhkan setidaknya 14 bulan di rak-rak pabrik susu di Burträsk. Rasanya yang kompleks dan teksturnya yang creamy membuatnya sangat populer di Swedia, tetapi karena selalu terbatas (sekitar 4.000 ton dibuat per tahun), harganya sekitar dua kali lipat dari keju tua lainnya.(yn)

Sumber: odditycentral

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular