Erabaru.net. Seorang pria Tiongkok yang dilarikan ke rumah sakit setelah menderita kejang menemukan bahwa penyebabnya adalah cacing pita di otaknya.

Seorang pekerja konstruksi berusia 46 tahun itu, yang hanya diketahui dengan nama samarannya Zhu, mungkin terkena cacing pita karena mengonsumsi daging yang kurang matang, kata dokternya, menurut CNN.

Bulan lalu, Zhu dilaporkan membeli daging babi dan domba yang kemudian ia gunakan sebagai bahan untuk masak hot pot pedas.

Ilustrasi.

Dia mulai merasa pusing selama beberapa hari kemudian dan menderita sakit kepala setiap hari, sebagaimana dirinci dalam laporan dari Rumah Sakit Afiliasi Pertama Universitas Zhejiang. Di malam hari, ketika dia tidur, Zhu mengalami gejala mirip kejang yang mirip dengan epilepsi.

Dia dilarikan oleh rekan kerjanya ke rumah sakit terdekat setelah dia mengalami episode seperti itu selama bekerja. CT scan kemudian menunjukkan “kalsifikasi intrakranial” dan lesi di tengkoraknya.

Zhu tidak ingin menghabiskan uang lagi, jadi dia menolak test lebih lanjut dan kembali ke rumah. Dia pergi lagi ke rumah sakit Universitas Zhejiang setelah dia tidak bisa lagi menahan kejang dan gejala yang tidak kunjung hilang.

Di sana, dokter melakukan pemindaian MRI yang mengungkapkan ia menderita neurocysticercosis atau cacing pita di otak.

Neurocysticercosis adalah jenis infeksi parasit yang terjadi ketika seorang pasien menelan telur cacing pita. Telur menjadi larva yang kemudian akan merangkak ke jaringan otot dan otak di mana kista terbentuk.

Setelah menanyai pasien, kepala dokter rumah sakit mengetahui bahwa Zhu makan hot pot baru-baru ini, membuatnya berspekulasi bahwa daging babi dan domba mungkin telah terinfeksi dengan larva cacing pita.

Ilustrasi.

Dokter menyarankan bahwa daging mungkin tidak dimasak dengan benar yang memungkinkan larva bertahan hidup dan menembus saluran pencernaan Zhu.

“Saya hanya sedikit merebus dagingnya,” Zhu mengakui dalam laporan itu. “Bagian bawah panci dengan kaldu pedas berwarna merah, jadi kamu tidak bisa melihat apakah dagingnya sudah dimasak dengan matang.”

Sejak itu para dokter Zhu mengangkat cacing pita dan segera setelah tekanan pada otaknya berkurang, ia akhirnya pulih.(yn)

Sumber: nextshark

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular