Erabaru.net. Para kolektor seni telah membuat pisang di atas sebuah karya seni. Pada dasarnya terdiri dari buah pisang nyata yang ditempel di dinding putih di sebuah galeri seni, tapi beberapa kolektor telah membayarnya dengan harga 120.000 dollar (sekitar 1,68 miliar) untuk itu.

Berjudul “Komedian”, karya asli seniman Italia Maurizio Cattelan dijual minggu ini dari galeri Paris Perrotin, di festival Art Basel di Miami.

Edisi pertama dari karya seni itu dibeli oleh seorang kolektor seni Perancis dengan harga 120.000 dollar (sekitar Rp 1,68 miliar), dan menurut pemilik galeri Emmanuel Perrotin edisi kedua ‘Komedian” juga telah dijual dengan harga yang sama gilanya.

(Foto: Instagram)

Setelah berhasil menjual dua pisang dengan total 240.000 dollar (sekitar Rp 3,36 miliar), seniman dan pemilik Galeri Perrotin memutuskan untuk menaikkan harga edisi ketiga menjadi 150.000 dollar.

“Kami sudah menjualnya!” Kata Emmanuel Perrotin kepada wartawan. “Ini keajaiban; Saya tidak tahu bagaimana ini terjadi! “

Tampaknya Cattelan dianggap agak iseng di dunia seni, tetapi galeri Perrotin menegaskan bahwa karya seni yang saat ini menyebabkan kegemparan di dunia seni bukan lelucon.

Bahkan, sang seniman diduga datang dengan ide untuk ‘Komedian’ tahun lalu, dan telah menghabiskan banyak waktu untuk mempertimbangkan setiap aspek dari karya seni, dari bentuk buah, hingga sudut yang telah ditempelkan ke dinding, ke ukuran tembok itu sendiri. Dia rupanya bahkan mempertimbangkan untuk menggunakan pisang palsu pada awalnya.

“Setiap kali dia bepergian, dia membawa pisang dan menggantungnya di kamar hotelnya untuk menemukan inspirasi,” kata pernyataan dari Galeri Perrotin. “Dia membuat beberapa model: pertama di resin, kemudian di perunggu dan di perunggu dicat, akhirnya kembali ke ide awal pisang nyata.”

Jika Anda mencoba mencari tahu bagaimana artis dan galerinya menetapkan harga 120.000 dollar untuk ‘Komedian’, mereka tampaknya mencoba untuk mencapai keseimbangan antara jumlah yang dianggap tidak signifikan, dan yang akan dianggap orang aneh. . Saya kira mereka berhasil …

(Foto: Instagram)

‘Komedian’ telah menjadi hit di Art Basel di Miami, dengan pengunjung yang antri untuk berfoto selfie dengannya, tetapi penyelenggara tidak khawatir bahwa karya seni yang mahal mungkin akan dicuri.

Jika itu terjadi, mereka sudah memiliki pisang lain di tangan. Lagipula, tanpa sertifikat keaslian Maurizio Cattelan, itu hanyalah buah pisang yang ditempel di dinding putih. (yn)

Sumber: odditycentral

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: Uncategorized

Video Popular