Erabaru.net. Pada akhir 1990-an, tim ilmuwan menemukan kawah aneh berdiameter 100 meter dan dengan kedalaman 5 meter di dasar Samudra Pasifik, di lepas pantai California, AS. Bertahun-tahun kemudian, mereka memutuskan untuk memeriksa daerah tersebut menggunakan robot. Mereka menemukan lebih dari 15.000.

Kawah segala ukuran memenuhi dasar berpasir di pantai Pasifik. 5.000 dari cekungan melingkar aneh ini berdiameter sekitar 68 meter dengangan kedalam sekitar 2,3 meter. Di sebelahnya ada ribuan cekungan kecil yang hanya berukuran diameter 6 meter dan kedalamannya kurang dari satu meter.

Hasil temuan baru saja kemukakan pada Konferensi Tahunan Uni Geofisika Amerika Serikat, kata Gizmodo.

Peta dasar laut menunjukkan tanda cekungan mikro di dasar laut. (Foto: MBARI)

Pertanyaannya adalah: Apa yang menyebabkan terbentuknya cekungan melingkar ini?

Tim Monterrey Bay Aquarium yang bertanggung jawab untuk penelitian ini memiliki dua penjelasan dalam hal ini, tetapi tidak ada yang pasti.

Berkenaan dengan kawah yang lebih besar, pembentukannya mungkin karena aktivitas panas Bumi yang melepaskan gas di lapisan tanah. Gas-gas ini mungkin menghilangkan pasir dari bawah untuk membentuk cekungan melingkar.

Masalahnya adalah bahwa para ilmuwan belum menemukan bukti dari gas-gas ini di daerah di mana kawah muncul.

Hipotesis kedua berkaitan dengan sampah manusia. Sepertiga dari kawah terkecil memiliki objek di tengahnya, sebagian besar dari benda-benda ini adalah sejenis sampah yang berasal dari manusia.

Tampilan dasar dari dasar laut di dalam cekungan kecil, menunjukkan sampah, batu, hewan dasar laut dan ikan. (Foto: MBARI)

Sampah ini menarik ikan dan hipotesis para peneliti adalah bahwa pergerakan fauna laut di sekitar limbah menghilangkan pasir dan merupakan sumber cekungan kecil. Hingga 4.500 kawah ini dapat disebabkan secara tidak langsung oleh limbah kita.

Jika dikonfirmasi, temuan ini akan memungkinkan pemetaan efek sampah manusia di dasar laut menggunakan indikator yang sama sekali baru. Masalahnya adalah tidak semua kawah memiliki sampah di tengahnya. Sebagian kosong.

“Saat ini ada lebih dari 15.000 kawah di dasar lautan dan kita tidak tahu pasti asal usulnya,” kata mereka.(yn)

Sumber: bles

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular