Erabaru.net. Efek perubahan iklim telah sangat memengaruhi kehidupan banyak hewan. Contoh yang mencolok dari hal ini adalah lintasan yang sangat besar yang harus dilewati oleh rubah Arktik dari sebuah pulau di Eropa utara untuk mencapai wilayah Kanada. Secara total, rubah Arktik melakukan perjalanan lebih dari 3.500 kilometer.

Pada lebih dari satu kesempatan, para ilmuwan telah berhasil melacak gerakan rubah Arktik; terutama di musim dingin ketika mereka perlu bergerak dalam upaya untuk mendapatkan makanan. Namun, kasus ini berada pada kecepatan yang membuat semua orang takjub.

Di musim panas ada cukup makanan tetapi di musim dingin keadaan menjadi lebih sulit. Rubah Arktik membutuhkan migrasi ke wilayah geografis lain.

Para ilmuwan dari Norwegian Polar Institute melepaskan rubah kecil ini di habitat aslinya pada bulan Maret 2018. Mereka menempatkan pelacak GPS padanya dan itulah bagaimana mereka berhasil menerima informasi tentang perjalanan hebat yang telah dia lalui.

Rata-rata rubah Arktik melakukan perjalanan 46 km sehari, tetapi kadang-kadang hingga 155 km.

Untuk sementara, perilakunya tampak sangat normal tetapi tiba-tiba ia mulai bergerak dengan kecepatan yang belum pernah dikenal dalam jenisnya. Alasannya jelas: dia perlu pindah untuk mencari sumber makanan.

“Kami tidak bisa mempercayainya. Kami pikir dia telah kehilangan nyawanya atau ada kapal yang memindahkannya, tetapi tidak ada kapal di daerah itu. Itu luar biasa,” kata seorang ilmuwan.

Rubah Arktik yang cerdik ini memulai perjalanan dari Pulau Svalbard,Norwegia dan hanya 21 hari kemudian dia sudah tiba di Greenland, tetapi tampaknya siap untuk melanjutkan lebih jauh lagi dan memang, melanjutkan perjalanannya sampai dia tiba di Kanada.

Ia melangkah lebih jauh dari rubah Kutub Utara lainnya. Ini menunjukkan bahwa hewan ini memiliki kemampuan luar biasa.

Semuanya menunjukkan bahwa di daerah baru ini, pengembara aneh ini harus mengubah kebiasaan makannya agar tetap hidup. Sayangnya, kita tidak bisa lagi mengetahui lebih lanjut tentang nasib rubah Arktik ini karena GPS berhenti bekerja.

Dia telah menempuh perjalanan panjang dan merupakan pejuang yang hebat, kita hanya berharap dia berhasil bertahan di tengah-tengah situasi yang begitu sulit.(yn)

Sumber: zoorprendente

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular