Erabaru.net. Wang Pok Lo, seorang siswa berusia 15 tahun dari sekolah menengah di Queensferry, Skotlandia sedang dalam perjalanan untuk menjadi orang termuda di Inggris yang memiliki gelar doktor.

Pelajar itu, yang dikenal oleh teman-temannya sebagai Pok, menerima gelar kehormatan kelas satu dalam bidang matematika dari Universitas Terbuka pada usia 13 tahun, menurut BBC.

Menurut Politics.co.uk, ada ujian yang disebut Standar, Tinggi, dan Lebih Tinggi, yang diambil pada usia yang berbeda.

Pok juga lulus kelas Matematika standar pada usia 9 tahun, dan lebih tinggi setahun kemudian.
 
Dia baru-baru ini ditawari untuk program doktor dalam ilmu kesehatan masyarakat di Universitas Edinburgh setelah dia menyelesaikan SMA-nya di bidang fisika, biologi dan kimia, dan tepat setelah dia merayakan ulang tahunnya yang ke-16.

Namun, sebelum ia dapat diterima, Pok harus ikut serta dalam wawancara. Dia juga harus bersaing dengan kandidat lain yang jauh lebih tua darinya dengan lebih banyak pengalaman.

(Foto: Screenshoot SWNS TV)

“Saya masih tidak percaya bahwa saya telah diterima di program itu karena saya akan mengira kandidat lain akan lebih kompeten,” kata Pok kepada BBC. “Saya benar-benar berharap untuk pergi ke uni penuh waktu.”

“Awalnya mungkin agak canggung, tetapi saya sudah mulai terbiasa [berbicara dengan orang dewasa] karena di kursus paruh waktu saya, saya berinteraksi dengan orang dewasa melalui forum diskusi dan ketika saya pergi ke kampus untuk melakukan ujian saya berbicara dengan mereka, jadi itu mulai menjadi lebih normal,” tambahnya.

(Foto: Screenshoot SWNS TV)

Terlepas dari tawaran dari Universitas Edinburgh, Pok juga dianugerahi gelar master dari Universitas Sheffield bulan lalu.

Pok dan keluarganya pindah ke Skotlandia dari Hong Kong pada tahun 2006. Dia menerima pendidikan normal, tetapi orangtuanya mendorongnya untuk belajar matematika di rumah. Dia mulai membaca puisi Kanton pada usia 11 bulan.

“Sudah menjadi rencana sekolah, bersama dengan orangtuanya, bahwa Pok seharusnya memiliki pengalaman di sekolah menengah seperti biasa,” kata kepala sekolah John Wood, menambahkan bahwa Pok telah tumbuh menjadi “anak muda yang rendah hati dan membumi.”

(Foto: Screenshoot SWNS TV)

Namun terlepas dari semua prestasinya di bidang akademik, Pok masih seperti remaja lainnya.

“Dalam beberapa hal, dia sama saja dengan banyak anak berusia 15 tahun yang bersekolah dan menikmati bekerja bersama dalam pelajaran mereka,” kata Wood.

Dia belajar matematika lima hingga enam jam setiap akhir pekan, dan kadang-kadang sepanjang hari, tetapi selain itu, dia pergi bersama teman-temannya dan menghabiskan waktu bersama mereka dengan bermain game seperti catur dan menikmati musik.

Wood selalu memberi catatan bahwa mereka bangga dengan prestasi Pok.

“Seluruh komunitas sekolah sangat bangga dengan Pok dan pencapaiannya yang luar biasa,” katanya pada Daily Mail. “Dalam 35 tahun mengajar saya telah mengajar banyak anak muda yang sangat mampu tetapi saya harus mengatakan bahwa Pok cukup unik. Kemampuan dan bakatnya untuk matematika sangat luar biasa. ”

Pok berencana untuk mengambil ilmu kedokteran dan menjadi dokter yang berspesialisasi dalam kardiologi atau neurologi, ia telah menyatakan bahwa ia merasa “santai” tentang masa depannya di bidang akademik.

“Saya pikir tidak ada yang harus saya khawatirkan saat ini,” katanya.(yn)

Sumber: nextshark

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular