Erabaru.net. Orang yang tidur siang selama lebih dari satu jam memiliki risiko 80% lebih besar mengalami stroke daripada mereka yang tidur dalam jumlah sedang.

Tidur siang yang nyaman dan panjang adalah apa yang diinginkan banyak orang, tetapi memiliki terlalu banyak waktu tidur dan kenyamanan dapat menyebabkan Anda … meninggal lebih awal, demikian hasil penelitian berskala besar dari Universitas Sains dan Teknologi Huazhong, Wuhan, Tiongkok, yang diterbitkan dalam jurnal American Academy of Neurology.

Melalui survei dan analisis data tidur dan kesehatan lebih dari 30.000 sukarelawan berusia lebih dari 60 tahun, para ilmuwan menemukan bahwa tidur siang selama 90 menit dapat meningkatkan risiko stroke mendadak hingga 25%.

Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Para ilmuwan mengamati bahwa, dalam kelompok orang yang tidur siang kurang dari 40 menit, semua manifestasi tubuh benar-benar normal dan tidak ada tanda-tanda sindrom metabolik.

Sebaliknya, pada mereka yang mempertahankan tidur siang selama lebih dari 40 menit, gejala hipertensi, lemak darah … tampak lebih tinggi. Secara khusus, mereka yang tidur siang hingga 1 jam akan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular hingga 80% dan 27% dari penyakit lain dengan risiko kematian yang tinggi.

Dalam studi serupa yang dilakukan oleh dr. Tomohide Tamada dan rekan-rekannya juga menunjukkan bahwa risiko diabetes hingga 56% bagi orang yang terus-menerus lelah pada siang hari dan 46% jika mereka tidur siang lebih dari 1 jam.

Secara khusus, penelitian ini juga menemukan bahwa orang yang memiliki kebiasaan tidur lebih dari 9 jam semalam dan tidur siang selama lebih dari 90 menit adalah 85% lebih mungkin untuk mengalami stroke. Waktu tidur siang yang tepat yang diusulkan oleh tim adalah kurang dari 30 menit.

Penulis penelitian dr. Xiaomin Zhang dari Universitas Sains dan Teknologi Huazhong mengatakan bahwa tidur berlebihan atau kualitas tidur yang buruk semuanya menyebabkan peradangan, peningkatan kolesterol dan lingkar pinggang. Ini semua adalah faktor risiko stroke.

Ilustrasi.

Stroke adalah salah satu penyebab utama kematian dan kecacatan di seluruh dunia. Tanda-tanda stroke termasuk, tubuh lelah, kekakuan tungkai, wajah tidak proporsional, tiba-tiba suara abnormal, mulut sulit dibuka. Tanda stroke paling akurat adalah tidak bisa mengangkat lengan di atas kepala Anda secara bersamaan.

Di Indonesia, berdasarkan riset Kementerian Kesehatan tahun 2018 stroke adalah penyebab kematian nomor satu. Sedangkan prevalensi kejadian stroke 10,9 di antara 1000 penduduk.

Efek tidur siang dengan jumlah menit

Menurut para peneliti, kebiasaan tidur siang pada siang hari berfungsi untuk memperkuat otak. Tidur siang yang efektif harus dilakukan mulai pukul 13: 00-16: 00, dalam kisaran 10 hingga 30 menit. Karena tidur lebih lama membuat tubuh lelah, menyebabkan sakit kepala. Tidur hingga pukul 16 malam membuat kita tidak lagi mengantuk di malam hari dan mengganggu siklus biologis tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari tidur siang, pertahankan rutinitas waktu tidur siang yang teratur untuk waktu tidur. Berlatihlah segera setelah Anda bangun untuk menghindari kantuk dan kelesuan setelah tidur siang. (yn)

Sumber: dkn.tv

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular