Erabaru.net. Seekor ikan paus hamil ditemukan mati di Pulau Orkney, Skotlandia , dengan sisa-sisa jaring ikan yang tersangkut di mulutnya.

Menurut Scottish Marine Animal Strandings Scheme (SMASS) di akun Facebook resmi mereka, paus mink yang hamil ditemukan dalam keadaan sehat sebelum menelan “jaring hantu”.

Reminder of the hazards of ghost gear- an adult female minke whale in otherwise good health, likely live stranded after becoming entangled in section of net.

Posted by Scottish Marine Animal Strandings Scheme on Tuesday, October 8, 2019

“Hewan itu dalam kondisi tubuh yang sangat baik dan hamil dengan janin jangka menengah. Sepertinya baru-baru ini terjerat dalam bagian jaring ikan yang dibuang atau hilang , ”tulis SMASS.
 
Berdasarkan luka di panggulnya, mereka percaya bahwa paus mink yang sedang hamil itu berjuang dalam beberapa jam terakhir hidupnya ketika terdampar di permukaan.

Dalam postingan mereka, SMASS memperingatkan bahwa sisa-sisa alat tangkap dapat menimbulkan ancaman mematikan bagi mamalia laut seperti lumba-lumba, paus.

“Terjerat dalam jaring dan pancing adalah keprihatinan global yang berkembang dan kasus ini menyoroti bahwa risiko keterikatan pada spesies ini tidak hanya dari jaring yang hilang, terbengkalai, atau dibuang juga merupakan bahaya yang signifikan bagi kehidupan laut,” tulis SMASS dalam posting mereka.

“Dalam hal ini, keterjeratan menelan korban dua hewan – induk dan anaknya yang belum lahir, betina.”

“Ini lebih jauh menunjukkan mengapa interaksi seperti itu bisa tragis pada tingkat individu dan berpotensi risiko bagi populasi.”

“Tentu saja ada situasi di mana persneling hilang karena musibah, tetapi, di mana tidak, tidak ada alasan untuk dengan sengaja membuang barang-barang ini ke laut. Tentunya tidak terlalu banyak untuk memintanya dibawa kembali ke darat dan dibuang dengan cara yang bertanggung jawab? “

Yet another baleen whale found to be a victim of entanglement- this time an adult female minke whale which was found…

Posted by Scottish Marine Animal Strandings Scheme on Tuesday, October 8, 2019

Kematian paus mink yang sedang hamil adalah kasus kedua dari seekor paus yang terperangkap di jaring ikan di Sanday, Orkney pada minggu yang sama.

Untungnya, paus bungkuk yang secara tidak sengaja terperangkap di jaring ikan di lepas pantai Orkney dengan cepat diselamatkan oleh tim penyelamat.
 
Menurut sebuah survei, jaring hantu menyumbang setidaknya 46% dari plastik di Great Pacific Garbage Patch, kumpulan puing laut seukuran Perancis yang mengapung di Samudra Pasifik Utara.

Ini adalah salah satu dari lima zona akumulasi plastik lepas pantai terbesar di lautan dunia.

Sama seperti mikroplastik, megaplastik seperti jaring ikan juga menimbulkan ancaman berbahaya bagi kehidupan laut karena menjadi bagian dari limbah plastik yang tidak dapat terurai secara alami di laut.

Ikan dan kehidupan laut lainnya mudah terjerat dalam jaring ikan yang ditinggalkan ini dan lebih sering, mereka terjebak di jaring dan menghadapi kematian yang lambat dan menyakitkan, seperti bulu paus hamil yang mati.(yn)

Sumber: goodtimes.my

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular