Erabaru.net. Di pasaran ada banyak jenis jamur seperti jamur shiitake, jamur abalon, jamur surai singa, dan masih banyak lagi. Selain rasanya yang enak, jamur juga sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Semua orang sudah tahu kelezatan jamur. Dan di pasaran kita mengenal banyak jenis jamur.

Dari setiap jenis jamur tentunya akan mempunyai manfaat yang berbeda untuk tubuh kita.

Jadi apa manfaat dari masing-masing jamur itu ?

Ahli gizi akan menunjukkan kepada Anda 5 jenis jamur sehat dan manfaatnya untuk tubuh!

Berikut 5 jenis jamur tersebut:

1. Shiitake: Raja jamur, membantu menyerap kalsium dengan sangat baik

Jamur Shiitake dikenal sebagai “obat mujarab yang lezat”. Jamur shiitake kaya akan nutrisi, dapat meningkatkan imunitas pasien penyakit jantung, mengurangi kolesterol berbahaya, mencegah aterosklerosis, sehingga melindungi sistem kardiovaskular.

Tubuh manusia membutuhkan 8 asam amino esensial, sedangkan shiitakes membentuk 7 jenis. Selain itu, vitamin D dalam shiitakes secara signifikan lebih tinggi daripada jamur lain dan isinya 20 kali lebih tinggi daripada kedelai.

Mengkonsumsi shiitakes membantu tubuh menyerap kalsium dengan sangat baik dan mencegah osteoporosis.

Catatan: Saat merendam jamur shiitake, vitamin B dan polisakarida sangat larut dalam air. Banyak orang tidak mengetahui hal ini, setelah merendam shiitakes sering menuangkan air, membuang banyak nutrisi.

Cara terbaik adalah dengan menggunakan air dingin untuk mencuci permukaan jamur shiitake kering, lalu rendam jamur di air hangat 20-35 derajat, air rendam jamur tidak perlu dituang (dibuang), bisa digunakan untuk memasak.

2. Jamur Paha Ayam: Membantu menurunkan gula darah

Jamur paha ayam memiliki rasa aromatik yang renyah, kaya serat, karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan lebih dari selusin asam amino.

Jamur paha ayam tidak hanya mengurangi gula darah setelah makan, melindungi pembuluh darah, tetapi juga memiliki efek anti kanker, pelembab kulit dan kecantikan.

3. Jamur Enoki: Meningkatkan kecerdasan

Asam amino esensial yang terkandung dalam jamur enoki lebih tinggi daripada jamur biasa, terutama lisin dan arginin, yang sangat tinggi kandungannya, yang bermanfaat bagi perkembangan intelektual anak-anak.

Selain itu, jamur enoki juga memiliki efek antibakteri, antiinflamasi, dan anti kelelahan.

Orang dengan darah yang tidak mencukupi, kekurangan gizi, orang dengan penyakit hati, maag gastrointestinal dan penyakit kardiovaskular harus menambahkan jamur ini ke dalam makanan.

4. Jamur Abalon: Tanaman “analgesik”

Jamur abalon berwarna putih seperti kerang, mereka mengandung berbagai nutrisi, sangat bermanfaat bagi kesehatan. Ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan imunitas, dan mengatur gejala pascamenopause wanita.

Jamur abalon mengandung proteoglikan yang dapat menghambat tumor, juga memiliki efek tertentu dalam menurunkan kolesterol darah dan mencegah batu uretra.

Selain itu, menurut pengobatan Tiongkok, jamur abalon juga berfungsi untuk mencegah masuk angin, merilekskan meridian. Untuk orang tua dan setengah baya, jamur abalon dapat mengobati sakit pinggang dan mati rasa di tungkai.

Catatan: Saat memproses jamur abalon tanpa memotong dengan pisau, sobek langsung dengan tangan Anda.

5. Jamur Surai Singa: Makanan yang menyehatkan perut dengan sangat baik

Jamur surai singa dapat melindungi lapisan perut dengan mengurangi asam lambung, yang sangat baik untuk orang dengan sakit maag, gastritis kronis, peningkatan asam lambung … Selain itu, makan jamur surai singa juga bermanfaat untuk menunda penuaan dan meningkatkan kekebalan.

Penelitian medis modern telah menunjukkan bahwa jamur surai singa memiliki efek penghambatan yang baik pada Helicobacter pylori (HP), penyebab yang menyebabkan penyakit perut.

Cara terbaik untuk memakan jamur surai singa adalah membuat sup. Misalnya, memasak sup jamur ayam, sup iga jamur.

Semoga artikel ini akan menambah wawasan Anda tentang jamur.(yn)

Sumber: dkn.tv

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: NEWS SEHAT

Video Popular