Erabaru.net. Baru-baru ini, sisa-sisa kapal Romawi yang berasal dari zaman Yesus telah ditemukan di Yunani, berisi sekitar 6.000 guci anggru dengan kondisi masih utuh.

Kapal sepanjang sekitar 33 meter itu ditemukan di Pulau Kefalonia, Yunani. Penemuan itu juga dapat mengungkapkan informasi tentang rute pengiriman perdagangan Romawi di Laut Mediterania.

Menurut informasi awal, tanggal kapal dari abad ke 1 SM sampai abad ke 1 Masehi.

Dalam penemuan ini, peneliti juga menemukan 6000 guci anggur dan makanan. Ini adalah jenis guci Amphora yang terbuat dari keramik, digunakan untuk menyimpan produk (tetapi terutama digunakan untuk menyimpan anggur). Jenis guci ini biasanya memiliki dua pegangan besar dan sebuah pelindung yang menutup mulut toples.

“Bangkai kapal itu setengahnya terkubur dalam sedimen dasar laut. Jadi mudah-mudahan jika kita menggali di masa depan, kita dapat menemukan sebagian atau seluruh lambung kayu, ”kata peneliti George Ferentinos, yang memimpin penelitian.

Bangkai kapal ditemukan di luar Pelabuhan Perikanan Fiskardo saat ini. Belum lama ini, rumah-rumah kuno, tempat mandi, teater, kuburan dan sebuah makam dari Roma kuno juga ditemukan di daerah ini.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Ilmu Arkeologi, ini menunjukkan bahwa Pelabuhan Perikanan Fiskardo pernah menjadi pelabuhan penting di zaman kuno.

Barang-barang seperti biji-bijian, anggur, minyak, dan zaitun dikirimkan ke semua pelabuhan Mediterania, dan Roma adalah tujuan akhir.(yn)

Sumber: dkn.tv

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular