Erabaru.net. Kecerdasan emosional sama pentingnya dengan akademisi dalam hal kinerja siswa di sekolah.

Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal American Psychological Association menemukan bahwa siswa dengan kecerdasan emosional (EI) menunjukkan kinerja yang lebih baik di sekolah daripada rekan-rekan mereka yang kurang terampil.

EI didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami dan mengelola emosi.

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Tim ini mengumpulkan data lintas negara dari lebih dari 160 studi dari 27 negara, yang mencakup lebih dari 42.000 siswa. Hampir tiga perempat dari negara-negara ini (76 persen) berbahasa Inggris.

Para peserta berkisar dari sekolah dasar hingga siswa yang kuliah. Saat mengumpulkan dan menganalisis data, tim mempertimbangkan faktor-faktor seperti kepribadian dan kecerdasan.

Para peneliti menemukan bahwa siswa yang mencatat EI tinggi juga menunjukkan kinerja akademik yang lebih baik dengan nilai dan nilai ujian yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan siswa dengan EI yang lebih rendah.

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Asosiasi itu mungkin karena tiga alasan.

Pertama: Siswa dengan EI tinggi lebih mampu mengelola emosi negatif seperti frustrasi dan kecemasan yang terkait dengan kinerja akademik.

Kedua: Mereka lebih mahir dalam mengendalikan hubungan sosial mereka.

Ketiga: Keterampilan EI tertentu tumpang tindih dengan akademisi, membantu siswa untuk memahami subjek.

Dalam artikel terkait yang diterbitkan dalam jurnal yang sama, tim juga memperingatkan terhadap pengujian untuk EI rendah sebagai cara untuk meningkatkan kinerja. Sebagai gantinya, sekolah harus fokus pada pelatihan dan kesejahteraan guru. (yn)

Sumber: organicfacts.net

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular