Erabaru.net. Membesarkan anak-anak dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan bermanfaat. Namun, mungkin sulit bagi anak-anak untuk belajar bagaimana berinteraksi dengan hewan.

Ketika berbicara tentang berbagi kebaikan dengan hewan peliharaan, ini sering kali merupakan tugas yang harus dihadapi oleh balita. Ini dapat membuat orangtua bertanya-tanya apa yang akan mereka lakukan.

Bagaimanapun, memelihara hewan peliharaan adalah cara yang bagus untuk mengajarkan tanggung jawab anak selain menyambut anggota keluarga yang lain. Penting bagi orangtua untuk mengajari anak-anak mereka cara bersikap ramah pada hewan peliharaan.

(Foto: Pixabay)

Bagi orangtua yang kesulitan membuat balita mereka berempati dengan hewan peliharaan, ada beberapa saran yang perlu diingat.

Memberi contoh

Kiat pertama yang perlu diingat adalah mengajarka dengan memberi contoh. Alih-alih memberi tahu anak-anak bagaimana mereka harus berinteraksi dengan hewan, ambil langkah untuk menunjukkan hal ini kepada mereka dengan contoh.

Bawa anak-anak keluar untuk membelai hewan-hewan di kebun binatang dan tunjukkan kebaikan kepada hewan. Beri makan hewan. Katakan hal-hal baik. Anak-anak ingin melakukan apa yang orangtua mereka lakukan. Jika mereka melihat orangtua mereka baik terhadap hewan, mereka akan mengikutinya.

(Foto: Pixabay)

Bacaan tentang hewan

Ketika mengajar balita cara membaca, luangkan waktu untuk membaca beberapa buku dan cerita tentang hewan. Ada banyak buku yang ditujukan untuk anak-anak yang membahas kehidupan hewan, jenis, mengapa mereka penting, dan bagaimana berinteraksi dengan mereka.

Pilih beberapa buku ini. Buku-buku itu akan mengajarkan anak-anak tentang hewan dan, ketika anak-anak menjadi lebih akrab dengan mereka, mereka akan menunjukkan kebaikan kepada mereka.

Gunakan boneka hewan

Salah satu langkah pertama yang dapat dilakukan orangtua untuk membuat balita mereka lebih nyaman berada di dekat hewan peliharaan adalah dengan memberikan mereka boneka hewan.

Banyak anak pulang dari rumah sakit dengan boneka hewan dan akhirnya menjadi teman anak-anak. Pergi ke toko dan pilih beberapa boneka hewan peliharaan.

Anak-anak akan selalu bermain dengan mereka dan sering memberi nama teman baru mereka. Ini akan membantu balita belajar bagaimana berempati dengan hewan peliharaan.

(Foto: Pixabay)

Beri pujian padanya

Banyak orangtua ragu untuk memuji anak mereka karena melakukan sesuatu yang seharusnya mereka lakukan. Lagipula, anak-anak seharusnya baik pada hewan. Mengapa menghargai mereka karena melakukan sesuatu yang seharusnya sudah mereka lakukan? Jawabannya adalah karena itu berfungsi.

Balita ingin menyenangkan orangtua mereka. Jika mereka menerima pujian karena bersikap baik kepada hewan peliharaan keluarga, mereka akan melanjutkan perilaku ini di masa depan.

Gunakan pujian untuk mengajari anak-anak balita bagaimana bersikap baik pada hewan peliharaan.

Pastikan ada ruang aman untuk hewan peliharaan

Agar balita baik pada hewan peliharaan, mereka perlu merasa nyaman di sekitar mereka. Ini berarti bahwa hewan peliharaan perlu bersikap baik kepada balita juga.

Hewan peliharaan akan kesal jika balita terus-menerus mengusiknya. Akhirnya, mereka akan membalas. Ini akan mempersulit anak balita untuk menjadi ramah dengan hewan peliharaan keluarga.

Cegah hal ini dengan memberi hewan peliharaan tempat yang aman untuk bersembunyi saat mereka butuh istirahat. Ini akan membantu hewan peliharaan dan balita.(yn)

Sumber: sogoodly

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular