oleh Chen Juncun

Big Ben, sebuah landmark kota London kembali tampil pada malam pergantian tahun ini setelah sekian tahun mengalami perbaikan. Lonceng Big Ben berbunyi mengiringi warga Inggris memasuki tahun baru 2020.

Big Ben adalah menara jam yang terletak di ujung utara Gedung Parlemen Inggris juga dikenal sebagai Istana Westminster. Nama resminya adalah Menara Elizabeth. Menara jam setinggi 96 meter ini terletak di tepi Sungai Thames, merupakan salah satu landmark terkenal di London.

Selama dua tahun perbaikan, Big Ben yang berusia 160 tahun hampir tidak berbunyi, warga hanya bisa mendengar suaranya di hari-hari penting. Ini karena bunyi asli lonceng dapat mengganggu pendengaran pekerja yang sedang melakukan perbaikan.

Big Ben terakhir kali berbunyi adalah pada Hari Peringatan Asosiasi Inggris Raya atau Negara-negara Persemakmuran pada 11 November tahun lalu. 

Ini adalah festival untuk menghormati tentara dan warga sipil yang tewas dalam Perang Dunia I, Perang Dunia II, dan perang lainnya.

Parlemen Inggris telah mengumumkan bahwa Big Ben bakal berbunyi pada Malam Tahun Baru untuk menyambut kedatangan tahun 2020 dengan warrga Inggris. Sebelumnya lonceng tersebut sudah menjalani beberapa kali uji coba.

Pekerjaan renovasi Big Ben menghabiskan biaya sekitar  61 juta poundsterling atau setara 79,78 juta dolar AS dan dijadwalkan selesai pada 2021. Setelah itu, gedung Parlemen Inggris juga akan dilakukan renovasi.  (Sin/asr)

Video Rekomendasi : 

Share

Video Popular