Erabaru.net. Tahun Tikus bukanlah awal yang baik untuk satu mal di Johor Bahru, Malaysia, yang mendapat kecaman karena penambahan yang tidak biasa pada dekorasi Tahun Baru Imlek – hamster hidup.

Sutera Mall memamerkan tampilan tidak konvensional mereka dalam sebuah klip pendek yang diposting ke Facebook pada 5 Januari lalu, menarik kemarahan pecinta binatang.

“Hamster kecil mandi, makan sepuasnya, dan siap menyambut hari baru,” tulisan dalam postingan.

Video menunjukkan beberapa hamster diletakkan di wadah kaca dekoratif yang tampaknya berada di luar ruangan, di samping perlengkapan meriah lainnya seperti ingot dan pita merah.

Menurut Majalah PETS, hamster harus ditempatkan pada suhu kamar yang konstan dan tidak boleh ditempatkan di daerah yang terpapar sinar Matahari langsung. Kandang besar dengan mainan putran sangat ideal sehingga makhluk kecil tidak bosan.

Banyak yang tidak terkesan dengan pengaturan dan meninggalkan komentar di postingan dan menuduh mal penyalahgunaan hewan.

“Di mana bukaannya? Bagaimana itu seharusnya berventilasi baik? Hamster butuh udara untuk bernapas dan mereka benar-benar takut pada panas, oke?”

“Hamster tidak seharusnya dipermainkan seperti ini! Ini pelecehan! Bahkan jika kamu ingin menjadi kreatif, ini bukan caranya!”

Pengunjung mal juga telah mengutarakan kekhawatirannya tentang hewan-hewan yang tampak lesu dan tidak bergerak, Oriental Daily melaporkan.

Dalam sebuah wawancara dengan surat kabar pada 7 Januari, seorang juru bicara dari Sutera Mall mengkonfirmasi bahwa mereka memiliki total 40 hamster yang dipajang dan menjelaskan bahwa mal mengkonseptualisasikan dekorasi Tahun Baru Imlek untuk setiap tahun berdasarkan zio.

Karena tahun 2020 adalah tahun Tikus, mal ini memasang empat tabung kaca yang menampung empat spesies hamster yang berbeda.

“Ini untuk mencegah spesies hamster berbeda dari pertempuran. Jadi kami memisahkan mereka menjadi empat tangki berdasarkan spesies mereka,” tambahnya.

Namun, ini mungkin bukan metode yang sangat mudah untuk mencegah konflik.

Menurut PetMD, hamster – bahkan yang dari spesies yang sama – bisa teritorial dan rentan terhadap perkelahian dengan kekerasan.

Juru bicara itu juga mengklaim bahwa kelesuan hamster di siang hari adalah normal karena mereka aktif di malam hari dan meyakinkan mereka yang peduli bahwa hewan-hewan itu dirawat dengan baik.

Namun, mal akan meningkatkan ventilasi di tudung dan menambahkan lebih banyak naungan sebagai tanggapan atas umpan balik netizen.

Hamster akan disiapkan untuk adopsi pada akhirnya, dengan prioritas diberikan kepada karyawan mal, tambahnya.

Ketika ditanya apakah hamster akan terus menjadi bagian dari pajangan, dia berkata: “Rencana awal kami adalah menampilkan hamster sampai Tahun Baru Imlek selesai, tetapi kita harus melihat berdasarkan situasinya.”

Dalam komentar di halaman Facebook mereka, Sutera Mall juga meminta maaf jika tampilan telah membuat pembeli tidak nyaman dan berjanji bahwa “tindakan akan diambil”.(yn)

Sumber: Asiaone

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular