- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Komunis Tiongkok Gunakan Taktik Baru untuk Memengaruhi Media Global

oleh : Cathy He dan Frang Fank – The Epochtimes

Selama bertahun-tahun, Komunis Tiongkok kerap mendorong narasi dan propagandanya melalui media-media di luar perbatasannya. 

Sejak tahun 2017, kampanye pengaruh Komunis Tiongkok ini telah dipercepat dengan taktik baru, menurut laporan yang  dirilis oleh Freedom House [1] yang berbasis di AS pada 14 Januari 2020. 

“Jurnalis, konsumen berita, dan pengiklan di negara-negara mulai dari Swedia hingga Rusia, Afrika Selatan, Amerika Serikat, dan Australia menghadapi intimidasi atau penyensoran konten politik yang oleh partai Komunis Tiongkok dianggap tidak diinginkan,” kata Sarah Cook,  Analis riset senior dan penulis laporan Freedom House, dalam siaran persnya.

Dalam sebuah wawancara telepon dengan The Epoch Times edisi Amerika Serikat, Cook menjelaskan, bahwa Beijing memiliki tiga tujuan di balik kampanye pengaruh mereka yakni:

Pertama, mempromosikan citra positif Tiongkok dan Komunis Tiongkok ;

Kedua, mempromosikan keterbukaan Tiongkok terhadap keterlibatan ekonomi, khususnya investasi Tiongkok di negara lain; dan

Ketiga, menekan sudut pandang dan cakupan topik yang kritis terhadap Komunis Tiongkok.

Gambaran Positif

Cook mengatakan, bahwa Beijing menambahkan tujuan baru pada tahun 2017 [2] yakni :  menghadirkan Tiongkok sebagai model untuk pembangunan politik-ekonomi untuk negara-negara berkembang.

[3]

Pesan-pesan Beijing, sementara secara sengaja menggambarkan Tiongkok dengan cara yang positif, “menghilangkan dimensi negatif objektif dari sistem politik otoriter Tiongkok dan perkembangan ekonomi yang pesat,” menurut laporan itu.

Contoh penghilangan tersebut termasuk pelanggaran hak asasi manusia yang mengerikan terhadap minoritas etnis dan agama, serta sisi gelap dari keterlibatan luar negeri Tiongkok, seperti pembuatan kesepakatan yang korup dan akumulasi utang publik yang tidak jelas,” laporan itu sebagaimana diungkapkan dalam laporan Freedom House.

Komunis Tiongkok dituding menempatkan negara-negara berkembang dalam “jebakan utang,” setelah negara-negara ini bergabung dengan inisiatif investasi besar-besaran “One Belt, One Road” atau OBOR, juga dikenal sebagai Belt and Road. 

Diluncurkan pada 2013, proyek ini bertujuan untuk membangun rute perdagangan yang menghubungkan daratan Tiongkok, Asia Tenggara, Afrika, Eropa, dan Amerika Latin.

Taktik Komunis Tiongkok

Cook kepada The Epoch Times mengatakan, bahwa Beijing telah menggunakan taktik “rahasia, korup, dan paksaan” dalam mendorong narasi-narasinya ke luar negeri.

Salah satu contoh yang mengilustrasikan unsur terselubung dari pengaruh media Komunis Tiongkok adalah, media pemerintah Komunis Tiongkok sering menggunakan slogan yang menyesatkan. 

Misalnya, corong resmi Partai Komunis China, People’s Daily memiliki tagline “surat kabar terbesar di Tiongkok” di halaman Facebook-nya.

China Global Television Network (CGTN), cabang luar negeri dari siaran negara Komunis Tiongkok, China Central Television (CCTV), memiliki tagline “saluran berita 24 jam unggulan Tiongkok” di halaman Facebook-nya.

Cook menjelaskan, bahwa orang yang tidak mengetahui dengan banyak tentang Tiongkok, mungkin belum tentu mengetahui bahwa media-media ini adalah corong partai Komunis Tiongkok.

Di negara-negara Barat, rezim Komunis Tiongkok membelanjakan jutaan dolar untuk memasukkan propagandanya ke saluran media arus utama. 

China Daily, diawasi oleh Departemen Publisitas Partai Komunis Tiongkok, agensi yang bertugas menyebarkan propaganda, memiliki kemitraan dengan banyak surat kabar Barat, termasuk The Wall Street Journal, The New York Times, dan The Washington Post di Amerika Serikat. 

propaganda tiongkok dalam perang dagang melalui suplemen advertorial [4]
Kotak koran China Daily di Midtown Manhattan, New York City, pada 6 Desember 2017. (Benjamin Chasteen / The Epoch Times)

Publikasi ini telah menerbitkan koran suplemen dalam bentuk cetak atau online, yang mana ditulis oleh koran berbahasa Inggris yang dikelola pemerintah.

Laporan Federal filings oleh China Daily menunjukkan, pengeluaran tahunan outlet meningkat sepuluh kali lipat. Itu terjadi selama dekade terakhir, menjadi lebih dari $ 10 juta dalam beberapa tahun terakhir, kata Cook mencatat.  Ia menambahkan bahwa “banyak dari [pengeluaran] itu sebenarnya membayar media arus utama Amerika untuk memuat konten tersebut.”

Selain itu, “media yang dikelola pemerintah Tiongkok sedang menyuntikkan disinformasi ke platform media sosial global,” kata Cook. 

Upaya-upaya disinformasi yang teridentifikasi yang dilaporkan selama pemilihan presiden terbaru di Taiwan yang ditelusuri kembali ke Tiongkok, termasuk kelompok Facebook yang mendukung kandidat pro-Beijing yang dijalankan oleh pengguna yang berbasis di Tiongkok.  Serta upaya di Twitter untuk melemahkan pedemo pro-demokrasi di Hong Kong.

Komunis Tiongkok juga aktif di sektor penyiaran televisi digital, dengan investasi di seluruh Asia, Afrika, dan Amerika Latin. Misalnya, raksasa telekomunikasi  ZTE menandatangani perjanjian dengan Perusahaan Televisi Pakistan -PTV- milik negara untuk memperluas layanan digital yang terakhir di tahun 2017.

Mencari kata kunci “Taiwan” di situs web PTV tidak mengungkapkan cakupan pada pemilihan Taiwan terbaru, atau pemilihan lokal Taiwan pada tahun 2018. Namun demikian, melaporkan tentang pemilihan Taiwan 2016, ketika Tsai Ing-wen memenangkan masa jabatan pertamanya, tapi itu sebelum adanya kesepakatan PTV dengan ZTE.

Mencari kata “Taiwan” dalam bahasa Urdu, salah satu bahasa yang digunakan di Pakistan, mengungkapkan cerita tentang kemenangan pemilihan ulang Tsai baru-baru ini.

Sedangkan, pencarian dengan kata kunci “Xinjiang” hanya mengungkapkan tujuh artikel. Akan tetapi, tidak satupun dari mereka melaporkan tentang pemenjaraan Komunis Tiongkok terhadap etnis Muslim Uighur di sana.

Taktik ketiga, paksaan, terwujud melalui intimidasi jurnalis, seperti di Rusia dan Swedia.

Menurut laporan itu, kedutaan besar Tiongkok di Swedia mengeluarkan sedikitnya 52 pernyataan yang menargetkan jurnalis dan outlet berita tertentu, mengkritik liputan mereka sambil menghujani mereka dengan penghinaan dan ancaman, antara Januari 2018 hingga Februari 2019.

Laporan itu juga menunjuk pada kasus serangan pembakaran terhadap percetakan The Epoch Times edisi Hong Kong pada 22 November 2019. 

Serangan pembakaran terhadap Percetakan surat kabar Epochtimes, secara luas diyakini sebagai upaya Komunis Tiongkok untuk membungkam Epoch Times, yang telah melaporkan secara meluas tentang aksi protes di Hong Kong dan pelanggaran hak asasi manusia Komunis Tiongkok.

“Kegiatan-kegiatan [Komunis Tiongkok] ini benar-benar merusak aspek mendasar dari pemerintahan yang demokratis, transparansi, supremasi hukum, dan persaingan yang sehat,” kata Cook.

Cook memperingatkan bahwa sebagai bentuk penyensoran, rezim Komunis Tiongkok juga telah menggusur media independen dengan media yang dikelola pemerintah, seperti yang dibuktikan oleh sebuah kasus di Papua Nugini pada Tahun 2018.

Menurut laporan media, pejabat Komunis Tiongkok mencegah jurnalis lokal dan internasional meliput pertemuan Xi Jinping dengan delapan pemimpin daerah di negara kepulauan Pasifik Selatan pada tahun itu. 

Sejumlah pejabat ini kemudian menyampaikan ke[ada para jurnalis bahwa mereka harus menggunakan pelaporan Xinhua – kantor berita yang dikelola pemerintah Komunis Tiongkok atau laporan video CCTV sebagai dasar liputan mereka.

Mendorong balik

Cook mengatakan negara-negara di dunia, bisa berbuat lebih banyak untuk mendorong kembali terhadap kampanye pengaruh agresif rezim Komunis Tiongkok, termasuk menjatuhkan hukuman kepada diplomat Komunis Tiongkok  dan memperketat regulasi penyiaran.

“Ketika para diplomat dan agen keamanan Tiongkok melampaui batas mereka dan berusaha untuk mengganggu pelaporan media di negara-negara lain, pemerintah tuan rumah harus dengan penuh semangat memprotes,” kata laporan itu. 

Laporan juga merekomendasikan bahwa para pejabat tersebut dapat diusir atau dilarang memasuki kembali negara itu.

Amerika Serikat juga harus menegakkan Undang-Undang Pendaftaran Agen Asing atau Foreign Agents Registration -FARA- dengan benar. Tentunya, dengan meminta lebih banyak media-media yang dikelola pemerintah Komunis Tiongkok dan media berbahasa Tionghoa di luar negeri untuk mendaftarkan diri. 

Undang-Undang FARA di AS, mewajibkan organisasi dan individu untuk mendaftar ke Departemen Kehakiman setempat, jika mereka berupaya memengaruhi pejabat AS atau opini publik Amerika atas nama pemerintahan asing. 

program propaganda partai komunis tiongkok [5]
Seorang wanita Tiongkok mengenakan masker untuk melindungi dari polusi saat ia melewati gedung CCTV di Beijing pada 8 Desember 2015. (Kevin Frayer / Getty Images)

Sebagai bagian dari persyaratan registrasi, organisasi dan individu harus mengungkapkan anggaran dan pengeluaran tahunan mereka.

Saat ini, hanya CGTN dan China Daily yang terdaftar.  Sementara itu, kantor berita pemerintah Xinhua diperintahkan untuk mendaftar oleh Departemen Kehakiman AS, akan tetapi belum dilakukan.

Cook mengatakan ada juga “kebanyakan” media berbahasa Tionghoa milik pribadi di Amerika Serikat yang “jelas-jelas pro-Beijing,”  membutuhkan lebih banyak pengawasan dan pertimbangan tentang apakah mereka harus mendaftar di bawah undang-undang FARA.

Investor media dan pemerintah juga harus mendukung outlet media berbahasa Mandarin yang independen, seperti melalui pendanaan dan pelatihan.

“Pemerintah harus secara proaktif terlibat dengan gerai tersebut, memberikan wawancara dan mengeksplorasi kemitraan potensial lainnya, sambil menolak tekanan dari diplomat Tiongkok untuk memarginalkan mereka,” kata laporan itu. (asr)

Video Rekomendasi :