Erabaru.net. Seorang ulama di Uganda diskors dari tugasnya sebagai imam masjid, setelah diketahui bahwa ia secara tidak sadar menikahi seorang pria.

Sheikh Mohammed Mutumba, 27 tahun, baru-baru ini diskors dari tugasnya sebagai imam di Masjid Kyampisi Masjid Noor di Kayunga, Uganda setelah istrinya yang baru dua minggu dia nikahi kedapatan mencuri TV dari seorang tetangga.

Pencurian itu bukan penyebab penangguhan dirinya sebagai imam masjid, tetapi karena istrinya , Swabullah Nabukeera, yang kedapatan mencuri TV sebenarnya adalah seorang pria.

Mutumba dikatakan benar-benar tidak menyadari gender asli istrinya, dan hancur oleh berita itu. Atasannya di masjid memutuskan untuk menangguhkannya sebagai imam untuk ‘menjaga integritas agama mereka’.

Ilustrasi (Foto:Unsplash)

Mutumba dan “pengantin” mudanya menikah dalam upacara tradisional Islam, bulan lalu. Foto-foto yang diambil pada acara tersebut menunjukkan pengantin baru tersenyum dan dikelilingi oleh keluarga dan teman-teman.

Amisi Kibunga, yang bekerja di Masjid Kyampisi Masjid Noor, mengatakan kepada Daily Monitor bahwa dia dan sebagian besar orang yang telah bertemu dengan pengantin wanita imam tertipu oleh suara dan sikapnya.

Sheikh Mohammed Mutumba and Swabullah Nabukeera.

“Dia memiliki suara lembut yang manis dan berjalan seperti seorang wanita,” kata Kibunga, menambahkan bahwa dirinya telah mendengar Mutumba mengeluh bahwa empat hari setelah pernikahan, pengantin barunya menolak melepas pakaiannya saat mereka tidur.

Ketika dia keluar dari rumah, Nabukeera selalu mengenakan jilbab atau gaun gamis tradisional, yang tidak menimbulkan kecurigaan.

Dia juga melakukan semua tugasnya yang biasa, seperti memasak, membersihkan, dan mencuci pakaian, sehingga suaminya tidak curiga.

Kebenaran muncul ketika “istri” imam tersebut kedapatan mencoba mencuri TV dan beberapa pakaian dari salah satu tetangga sebelahnya.

Ketika polisi datang di tempat kejadian, mereka memeriksa tubuhnya untuk melihat apakah ‘wanita’ itu menyembunyikan sesuatu, dan saat itulah mereka menemukan bahwa dia sebenarnya seorang pria.

Richard Tumushabe, alias Swabullah Nabukeera.

‘Wanita’ itu dilaporkan mengakui bahwa nama aslinya adalah Richard Tumushabe, dan bahwa ia menikah dengan Sheikh Mohammed Mutumba dalam upaya mencuri uangnya.

Mutumba dikabarkan bertemu ‘mempelai wanita’ -nya melalui bibinya, Nuuru Nabukeera, yang tinggal di Desa Kituula.

Dalam adat tradisional, imam itu membayar mahar yang termasuk dua kambing, dua kantong gula, tiga busuutis, sekotak garam dan satu Alquran.

Bibinya juga ditangkap setelah kejadian yang mengejutkan itu, tetapi dia menyatakan bahwa dia tidak tahu bahwa penganti wanita itu adalah seorang pria, karena dia bertemu dengannya ketika sudah remaja, ketika dia sudah tampil menjadi seorang wanita.

Adapun Mutumba, ia telah diskors dari tugasnya di masjid di Kayunga, dan dilaporkan telah pindah dengan beberapa kerabat dan menerima konseling untuk membantunya mengatasi cobaan itu.(yn)

Sumber: odditycentral

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular