- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Demi Cegah Virus Pneumonia Wuhan, 135 Orang Turis Tiongkok Bakal Dipulangkan oleh Otoritas Penerbangan Sipil Filipina

NTDTV

Wabah infeksi paru Wuhan terus menyebar. Otoritas Filipina pada Kamis, (23/1/2020) mengeluarkan pengumuman yang isinya menangguhkan penerbangan ke dan dari Wuhan sampai batas waktu yang belum ditentukan. Para pejabat setempat bahkan akan memulangkan 135 orang turis asal Wuhan, Tiongkok yang telah tiba sehari sebelumnya dalam 4 penerbangan.

Ke-135 orang turis tersebut telah tiba di Kalibo Airport pada Kamis (23/1/2020). Bandara itu merupakan pintu gerbang utama ke dan dari objek wisata Boracay. Tiongkok adalah negara sumber wisatawan terbesar kedua bagi Filipina. Dari Januari hingga Oktober tahun lalu, Filipina telah kedatangan 1.495.924 orang turis asal Tiongkok, lebih banyak sekitar 250.000 orang dari pada tahun 2018 .

Wyrlou Samodio, kepala departemen hukum Komisi Penerbangan Sipil Filipina (CAB), mengatakan ke-135 orang turis harus dipulangkan ke negaranya karena mereka hanya turis. Tetapi ia tidak menyebutkan kapan penumpang ini dipulangkan ke Wuhan.

Menteri Kesehatan Filipina Eric Domingo mengatakan bahwa wisatawan Tiongkok yang tiba di Filipina akan diminta untuk mengisi formulir pernyataan kesehatan mulai hari itu juga. Para penumpang harus mengungkapkan informasi pribadi tentang tempat yang telah mereka kunjungi dan kondisi kesehatan mereka.

Sementara menurut Carmelo Arcilla, kepala eksekutif Komisi Penerbangan Sipil Filipina, mereka telah memerintahkan maskapai penerbangan untuk mengikuti prosedur operasi standar untuk memantau penumpang yang mungkin terinfeksi coronavirus baru atau yang disebut 2019-nCoV. Para awak kabin juga diminta untuk memantau dari dekat penumpang yang memiliki gejala-gejala mencurigakan.

Menteri Transportasi Filipina Arthur Tugade meminta otoritas terkait untuk mengambil semua langkah yang diperlukan untuk mencegah penyebaran coronavirus baru sebagai tanggapan atas masuknya wisatawan ke Filipina selama liburan Tahun Baru Imlek 2020. (Sin)