Erabaru.net. Seorang pria yang menderita sakit kepala dan muntah yang tak henti-hentinya beruntung masih hidup setelah dokter menemukan cacing pita yang telah bersarang di otaknya selama satu dekade.

Para ahli medis akhirnya dapat mengidentifikasi sumber rasa sakit pria itu ketika ia memeriksakan dirinya ke rumah sakit, dan menjalani pemindaian yang menunjukkan massa sepanjang 4cm yang mendekam di dekat batang otaknya.

(Foto: KXAN/Ascension Seton Medical Center Austin)

Dokter menduga pria itu, dari Austin, Texas, AS, mengidap cacing pita di Meksiko lebih dari 10 tahun yang lalu setelah makan daging babi yang kurang matang, dan cacing itu telah tumbuh di dalam otaknya sejak saat itu.

Pria itu, yang diidentifikasi hanya sebagai Gerardo, menderita sakit kepala selama berbulan-bulan. Terkadang mereka sangat buruk sehingga membuatnya mual; dia bahkan pingsan sekali saat pertandingan sepakbola.

(Foto: KXAN/Ascension Seton Medical Center Austin)

Dia mengatakan kepada CBS 21:

“Sangat kuat, sangat kuat … itu membuat saya berkeringat juga, keringat karena rasa sakit, sakit di kepala dan kemudian saya akan muntah karena rasa sakit.”

Ketika akhirnya dia diperiksa, dr. Jordan Amadio, ahli bedah saraf di Dell Seton Medical Center, menemukan massa besar di otaknya.

Ketika tes lebih lanjut mengesampingkan tumor otak, dokter menyadari itu adalah cacing pita – dan ‘cukup besar’ pada saat itu, kata ahli bedah saraf.

Cacing pita telah menyebabkan infeksi pada sistem saraf pusat yang disebut neurocysticercosis, yang merumahkan sekitar 1.000 orang di Amerika Serikat setiap tahun. Mereka yang terkena mungkin tidak memiliki gejala, atau mereka mungkin menderita sakit perut, mual atau muntah, sakit kepala, atau kejang.

(Foto : Wikimedia)

Untungnya, Gerardo menyadari ada sesuatu yang salah dan dirawat, dan dokter dapat menghilangkan parasit dari otaknya. Ia diperkirakan akan pulih sepenuhnya, meskipun dokter mengatakan cacing dan larva itu bisa membunuhnya.

“Di wilayah tertentu di negara itu, seperti Texas dan California, ini bisa lebih umum. Jadi, ada sesuatu yang saya pikir pasti untuk setiap profesional medis untuk sadari. Itu tidak umum dilihat dan sebenarnya bisa menyamar sebagai hal yang berbeda,” kata dokter Jordan.

Ini karena banyak orang tidak tahu mereka terinfeksi selama bertahun-tahun, karena tidak selalu menunjukkan gejala. Jadi, jika Anda mengalami salah satu dari gejala di atas, pastikan untuk diperiksa – terutama jika Anda telah makan daging babi yang kurang matang.

(Foto: KXAN/Ascension Seton Medical Center Austin)

Jika Anda yakin menderita infeksi cacing pita, Mayo Clinic merekomendasikan untuk segera mengunjungi dokter untuk pengujian.

Semoga Gerardo akan pulih sepenuhnya. Sungguh beruntung bisa selamat!(yn)

Sumber: Unilad

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular