Erabaru.net. Sebuah maskapai penerbangan yang berbasis di Hong Kong terpaksa meminta maaf karena membuat seorang wanita Jepang berusia 25 tahun melakukan tes kehamilan untuk naik pesawat ke Saipan, sebuah pulau di Samudra Pasifik yang dikontrol oleh Amerika Serikat .

Insiden kontroversial dilaporkan terjadi pada November 2019 lalu, tetapi baru dipublikasikan di media pekan lalu.

Midori Nishida sedang menjalani pemeriksaan di Bandara Internasional Hong Kong, dengan maskapai penerbangan murah Hong Kong Express, untuk terbang ke Pulau Saipan untuk mengunjungi orangtuanya.

Warga negara Jepang itu tidak hamil dan mengatakannya pada kuesioner check-in, tetapi bentuk tubuhnya rupanya membuat staf maskapai mempertanyakan kejujurannya.

Wanita berusia 25 tahun itu diminta memberikan izin kepada tim medis resmi untuk melakukan penilaian “fit-to-fly”, yang dalam hal ini berarti tes kehamilan.

Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Nishida mengatakan kepada Wall Street Journal bahwa dia dikawal ke kamar kecil umum dan diberi strip untuk kencing adalah “sangat frustasi dan memalukan”.

Dia dinyatakan negatif dan diizinkan naik pesawat dengan penumpang lain, tetapi setelah itu maskapai tersebut mengeluarkan permintaan maaf, mengklaim bahwa itu hanya bertindak sebagai tanggapan atas “kekhawatiran yang diajukan oleh otoritas di Saipan,” di mana yang dikenal sebagai wisata kelahiran.

Pulau Saipan tampaknya telah menjadi tujuan populer bagi wanita asing untuk melahirkan, karena di bawah hukum AS setiap anak yang lahir di salah satu wilayahnya secara otomatis diberikan kewarganegaraan Amerika.

Masuk ke Kepulauan Marian Utara jauh lebih mudah daripada memasuki Amerika Serikat, sehingga tidak terlalu mengejutkan bahwa tahun 2018 melihat lebih banyak turis melahirkan di Saipan daripada penduduk di pulau itu.

Ilustrasi. (Foto: Unsplash

Hong Kong Express Airways menetapkan bahwa tes kehamilan Midori Nishida dimaksudkan “untuk membantu memastikan undang-undang imigrasi AS tidak dirusak”.

Maskapai sejak itu meminta maaf dan menghentikan praktik memaksa perempuan untuk melakukan tes kehamilan.(yn)

Sumber: odditycentral

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular