Erabaru.net. Sementara dunia waspada atas wabah virus corona Wuhan yang saat ini merebak, pihak berwenang Thailand telah membiarkan pabrik pengolahan daging ayam yang benar-benar melanggar peraturan kesehatan.

Saat petugas kebersihan melakukan inspeksi di Pasar Nong Khai, barat laut Thailand, mereka menemukan pemandangan yang sangat tidak menyenangkan. Pekerja menggunakan mulutnya untuk membersihkan kulit kaki ayam sebelum menjualnya.

Kedengarannya tidak biasa, para pekerja mengambil kak-kaki ayam dari keranjang dan mulai membersihkan kulitnya dengan mulut mereka.

Mereka mengatakan, cara ini digunakan untuk mempercepat pekerjaan. Dengan cara ini jauh lebih mudah dan lebih cepat daripada dengan bantuan perkakas apa pun.

Mereka melakukannya dengan perintah sendiri dari bos-nya, karena dengan mulut mereka “lima kali lebih cepat”.

Masalahnya benar-benar tidak menyenangkan dan mengkhawatirkan, mengingat Thailand adalah salah satu negara di mana kasus virus corona telah dikonfirmasi.

Gubernur Provinsi Ronnachai Jitwiset sedang menyelidiki pabrik dan pasar lain di wilayah tersebut, mencurigai bahwa mreka mungkin menggunakan metode pengolahan makanan yang tidak higienis.

“Kami melihat-lihat pabrik dan itu tampak bersih dan teratur, tetapi kami harus memerintahkan mereka untuk berhenti menggunakan mulut mereka untuk mengolah makanan. Ada banyak kuman yang bisa masuk ke mulut atau menyebar dari mulut ke kaki ayam, jadi kita tidak bisa mengambil risiko pekerja dan klien jatuh sakit, ”kata Jitwiset.

Kaki ayam adalah hidangan yang populer di negara Asia karena kandungan vitaminnya yang tinggi, jadi jika seorang dari mereka terinfeksi virus corona, itu dapat menyebabkan krisis nyata.

Selain itu, bukan hanya virus ini yang ditularkan secara oral. Penyakit seperti influenza, herpes atau bahkan yang lebih berbahaya seperti hepatitis A dan B, dapat menyebar melalui praktik ini.

Karena alasan itu, sangat penting bagi pihak berwenang untuk menghentikan metode yang mereka gunakan selama ini yang merusak setiap tindakan kebersihan.

Nongluck Payakphrom memiliki bisnis di mana video kontroversial inspeksi direkam dan telah berjanji untuk mengubah secepat mungkin penggunaan mulut untuk menguliti kaki ayam.

Sebelumnya, di pabrik mereka menggunakan tang untuk prosedur tetapi jauh lebih lambat. Namun, wajib melanjutkan praktik lama sehingga bisnisnya dibuka kembali. Pabrik yang dimaksud mendistribusikan antara 400 dan 500 kilogram kaki ayam setiap hari di seluruh Asia.(yn)

Sumber: viralistas

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular