Erabaru.net. Sementara kita melakukan yang terbaik untuk tetap aman dari virus, ada satu hal lagi yang perlu diingat: keamanan api.

Seorang lelaki Hangzhou, Tiongkok, dirawat di rumah sakit pada 8 Februari lalu dengan luka bakar parah setelah alkohol yang dia oleskan di tubuhnya menyala ketika dia berdiri di samping pemanas listrik, kata laporan media Tiongkok.

Pria itu, yang diidentifikasi hanya sebagai Zhang, 37 tahun, sedang berusaha mendisinfeksi dirinya sendiri setelah pulang kerja.

Namun, lupa bahwa alkohol sangat mudah terbakar, Zhang menerapkan alkohol ke tubuh dan pakaiannya saat dia berdiri di samping pemanas listrik.

Tiba-tiba, dia dilalap api.

Nyala api disebabkan oleh kedekatan Zhang dengan pemanas, jelas Fu Zhihui, kepala departemen luka bakar rumah sakit.

Zhang menderita luka bakar tingkat dua hingga tiga pada 15 persen tubuhnya, termasuk tangan, wajah, leher, paha, dan saluran pernapasan.

Dia dalam kondisi kritis dan mungkin membutuhkan operasi cangkok kulit di masa depan, kata Fu.

Zhang, seorang karyawan di pabrik benang poliester, juga mungkin tidak bisa mendapatkan kembali penggunaan tangannya secara penuh.

Meskipun aman untuk menggunakan sejumlah kecil alkohol untuk disinfeksi, menggunakan terlalu banyak atau menyiram seluruh ruangan dengan itu mungkin berbahaya, terutama jika ada peralatan seperti pemanas di dalam ruangan, Fu mengingatkan.

Setelah kecelakaan Zhang, kantor pemadam kebakaran setempat menerbitkan daftar pengingat di sebuah pos Weibo:

  • Hindari menggunakan alkohol untuk mendisinfeksi benda ketika Anda berada di dekat api terbuka
  • Matikan peralatan listrik sebelum mendesinfeksi
  • Matikan api kompor sebelum mendesinfeksi dapur Anda
  • Membersihkan desinfektan alih-alih disemprot. Buka jendela Anda untuk memastikan bahwa ada ventilasi yang cukup.(yn)

Sumber: Asiaone

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular