- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Klaim Ahli : COVID-19 Dimulai di ‘Lab Rahasia di Mana Peneliti Diserang oleh Kelelawar’

Erabaru.net. COVID-19 mungkin tidak berasal dari pasar makanan laut tetapi di laboratorium rahasia tempat seorang peneliti diserang oleh kelelawar, klaim para ahli.

Para pakar virus di Tiongkok mengklaim bahwa Pusat Pengendalian Penyakit Wuhan (WCDC), yang terletak hanya 280 meter dari Pasar Grosir Makanan Laut Huanan, mungkin merupakan awal tempat penyebaran virus.

Dalam jurnal penelitian berjudul “Kemungkinan asal mula coronavirus 2019-nCoV” yang diterbitkan di Research Gate, Botao Xiao dan Lei Xiao mengklaim WCDC “menampung hewan di laboratorium untuk tujuan penelitian”.

[1]

Hewan-hewan itu diduga termasuk 605 kelelawar yang ditangkap di Provinsi Hubei dan Zhejiang.

Para ilmuwan meyakini COVID-19 kemungkinan dimulai pada kelelawar dan kemudian menyebar ke manusia.

Laporan itu mengklaim seorang peneliti, yang dikenal sebagai JH Tian, ​​”pernah diserang oleh kelelawar” dan bahwa “darah kelelawar ada di kulitnya”.

Tian yang malang kemudian mengkarantina dirinya selama 28 hari penuh setelah “kelelawar menyerang dia”.

[2]

Laboratorium WCDC terletak 280 meter dari pasar terkenal yang disalahkan atas wabah karena menjual hewan hidup termasuk trenggiling, mamalia liar yang terancam punah dengan kulit bersisik yang telah diidentifikasi sebagai inang potensial COVID-19.

Laboratorium itu juga di sebelah rumah sakit Union tempat para dokter pertama terinfeksi virus.

“Masuk akal bahwa virus bocor dan beberapa dari mereka terkontaminasi pada pasien awal dalam epidemi ini, meskipun bukti kuat diperlukan dalam penelitian di masa depan,” kata laporan itu.

[3]
Ilustrasi.(Foto: Facebook/BruceLam)

Dalam laporan itu juga menyebutkan laboratorium kedua, yang terletak 12 km dari pasar, yang melaporkan bahwa kelelawar tapal kuda Tiongkok adalah “reservoir alami” untuk SARS, virus yang menewaskan 774 orang dalam epidemi pada 2002 dan 2003.(yn)

Sumber: dailystar

Video Rekomendasi: