Erabaru.net. Pakar pediatrik dan pengasuhan anak yang terkenal mengatakan membantu anak-anak melakukan segalanya tidak hanya akan berdampak buruk bagi mereka, tetapi juga memengaruhi kemampuan mereka untuk memecahkan masalah di masa depan. Artinya, anak Anda tidak akan bisa mandiri tanpa orangtua.

Ada banyak orang dari usia dini yang telah melakukan pekerjaan rumah tangga seperti melipat pakaian, menyapu lantai, dan membantu ibu mereka memasak nasi. Berkat itu, ketika mereka dewasa, mereka memiliki kebiasaan dan keterampilan yang baik.

 

Ilustrasi. (Foto: pixabay)

Tetapi ada juga banyak orangtua yang tidak ingin anak-anak mereka bekerja, agar fokus dalam berlajar, yang dapat mengurangi kecemasan mereka tentang pekerjaan tetapi juga menyebabkan mereka kehilangan banyak ketrampilan hidup.

Deborah Gilboa, seorang dokter anak terkenal dan ahli pengasuhan anak, melalui media sosial termasuk Twitter, mendesak orangtua untuk mengubah kebiasaan mereka: “Jangan biarkan aku apa yang membantu saya dengan pekerjaan rumah ”.

Dia mengatakan dalam sebuah survei di Amerika Serikat, 82% orangtua mengatakan mereka diajari oleh orangtua mereka untuk melakukan pekerjaan rumah tangga sejak usia dini, tetapi hanya 28% yang meminta anak-anak mereka untuk melakukan pekerjaan rumah tangga.

 

Ilustrasi. (Foto: pixabay)

Deborah Gilboa mengatakan, membantu anak-anak melakukan segalanya tidak hanya tidak membantu tetapi juga mempengaruhi kemampuan mereka untuk menyelesaikan masalah di masa depan, karena anak-anak tidak dapat mandiri tanpa orang tua.

“Hanya ketika anak-anak tahu bagaimana melakukan pekerjaan rumah tangga untuk membantu orangtua mereka, mereka dapat menjadi orang yang tahu cara menangani masalah dengan baik,” katanyanya.

Lebih lanjut Deborah Gilboa merekomendasikan agar orangtua menjaga anak-anak dari usia 18 bulan hingga 3 tahun tetap berhubungan dengan tugas-tugas rumah tangga, bahkan hal-hal kecil seperti melipat kain, memegang sapu dan melakukan kontrol diri.

Ketika anak-anak berusia 4 atau 5 tahun, mereka dapat melakukan beberapa hal sederhana dan mandiri seperti membersihkan mainan mereka sendiri atau membuang sampah.

Ilustrasi. (Foto: pixabay)

 

Bantu anak-anak mengembangkan kebiasaan sejak usia muda hingga anak 6-8 tahun, anak tahu cara membantu orangtua secara alami, saat ini orangtua dapat mengajar anak untuk mengoperasikan mesin cuci atau tugas sulit lainnya.

Melalui metode langkah demi langkah seorang anak tidak akan lagi menentang pekerjaan rumah dan bahkan menyukainya.

Deborah Gilboa juga mengatakan bahwa ini adalah cara dia membesarkan putranya. Sebelumnya, dia juga merekam video putranya yang menunjukkan cara mengoperasikan mesin cuci untuk mengajar anak-anak lain cara menggunakan mesin cuci dengan benar dan aman.

Putra Deborah Gilboa (Foto: Youtube Ask Doctor G).

Padahal, anak-anak zaman sekarang sangat cerdas, ada banyak hal yang hanya perlu diajarkan agar mereka bisa melakukannya.

Para orangtua setelah membacara artikel ini, tolong dorong anak-anak Anda untuk melakukan pekerjaan rumah, sehingga anak-anak Anda dapat tumbuh lebih alami.(yn)

Sumber: dkn.tv

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular