- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Penyakit Misterius yang Mematikan dalam 2 Hari Menulari Ratusan Warga Nigeria

Erabaru.net. Media Inggris ‘Independent’ memberitakan bahwa penyakit misterius  pertama kali dilaporkan muncul dari Provinsi Benue, yang terletak di sebelah tenggara dari ibukota Abuja.

Menurut laporan media Nigeria ‘Daily Post’ yang mengutip pernyataan Senator Abba Moro bahwa pasien yang terinfeksi oleh virus misteri ini telah mencapai 104 orang hingga 3 Februari 2020.

Dalam resolusi Senat, Abba Moro yang mewakili daerah pemilihan Benué mengatakan bahwa ada sekelompok pasien yang meninggal dunia dalam waktu kurang dari 48 jam setelah terinfeksi virus misterius tersebut.

Resolusi itu mendesak Kementerian Kesehatan Nigeria untuk segera mengirim para ahli medis ke lokasi wabah untuk mencari lebih banyak informasi tentang penyakit ini.

Media ‘Daily Post’ melaporkan, resolusi juga mendesak Pusat Pengendalian Penyakit Nigeria atau Nigeria Centres for Disease Control untuk mengambil langkah-langkah pengawasan demi  mencegah penyebaran wabah.

Osagie Ehanire, Menteri Kesehatan Nigeria pada 7 Februari dalam laporan singkatnya menyebutkan bahwa tampaknya penyakit tersebut bukan berasal dari virus Ebola, atau Demam Lhasa. Penyakit itu juga bukan dari virus corona yang sedang mewabah di Wuhan.

BBC mengutip pernyataan Osagie Ehanire memberitakan bahwa CDC Nigeria sekarang telah meluncurkan tanggap darurat di daerah yang terjadi wabah. Sedangkan pejabat pemerintah mencurigai penyakit ini mungkin disebabkan oleh semacam bahan kimia yang digunakan dalam industri perikanan. (Sin/asr)

Video Rekomendasi :