- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Penumpang Kapal Pesiar Diamond Princess yang Tertular Virus Corona Mencapai 621 Orang

Epochtimes.com

Media Jepang NHK melaporkan bertambahnya penumpang kapal pesiar Diamond Princess yang tertular virus corona COVID-19. Melansir dari keterangan Kementerian Kesehatan Jepang, pada Rabu(19/2/2020) bahwa jumlah kasus infeksi di atas kapal pesiar Diamond Princess bertambah 79 kasus.  Jadi total penumpang yang terpapar virus corona COVID-19 di atas kapal tersebut telah mencapai 621 orang.

Melansir laman CNA – Central News Agency – Taiwan, bahwa kementerian Kesehatan Jepang juga mengumumkan kewarganegaraan penumpang yang terinfeksi Virus Corona pada kapal pesiar yang dibebaskan dari karantina itu. 

Virus corona  itu menginfeksi penumpang dari 27 negara dan wilayah. Di antaranya jumlah yang terbesar adalah warga negara Jepang, yakni sebanyak 247 orang. Sebagian besar orang yang terinfeksi adalah orang-orang lanjut usia.

Setelah berlabuh di Pelabuhan Yokohama selama hampir 17 hari, kapal pesiar Diamond Princess mulai mencabut status karantina dan menurunkan penumpang. 

Menurut data yang dirilis oleh Kementerian kesehatan Jepang, bahwa setelah kapal pesiar itu tiba di pelabuhan Yokohama, total terdapat 3.711 penumpang dan awak kapal. Namun demikian, sekitar 542 penumpang yang berasal dari 27 negara didiagnosis tertular virus pneumonia Wuhan. Sebanyak 24 di antaranya berada dalam kondisi serius.

Menurut Kementerian Kesehatan Jepang, jumlah wisatawan yang terinfeksi dari berbagai negara meliputi : 247 warga Jepang, 77 warga Amerika Serikat, 45 warga Kanada dan 37 warga Australia.

Selain itu terdapat 2 warga Argentina, 8 warga Inggris, 43 warga Filipina, dan 2 warga Ukraina. Lainny adalah 17 warga Hong Kong, 5 warga Taiwan, 1 warga Selandia Baru, 24 warga Tiongkok dan 8 warga India. Penumpang yang terinfeksi termasuk 1 warga Portugal, 1 warga Makedonia, 2 warga Romania dan 3 warga Prancis. 

Ada juga penumpang dari  2 warga Jerman, 1 warga Kirgistan, 3 warga Israel, 1 warga Chili, 2 warga Italia, 4 warga Indonesia, 1 warga Kolombia, 1 warga Rusia dan 2 warga Malaysia.

Adapun orang-orang yang terinfeksi sebagian besar berusia lanjut, dengan jumlah terbesar pasien berusia antara 70 tahun hingga 79 tahun, berjumlah 235 orang, diikuti usia 60 hingga 69 tahun, berjumlah 129 orang, dan kisaran usia lainnya kurang dari seratus orang.

Kasus infeksi kluster di atas kapal pesiar mewah “Diamond Princess” pada awal Februari 2020 lalu. Kasus itu menjadi area dengan wabah virus corona COVID-19 terbesar di luar daratan Tiongkok.  (jon)

Video Rekomendasi :