- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Kasus Infeksi Virus Corona COVID-19 dengan Tanpa Gejala dan Masa Inkubasi Terlama Muncul di Hubei

Epochtimes.com

Media Hubei memberitakan bahwa rumah sakit di Daerah Otonomi Enshi di Provinsi Hubei pada 20 Februari telah menemukan sebuah kasus pneumonia aneh yang terjadi pada seorang pasien. Orang tersebut dinyatakan positif terinfeksi COVID-19 namun tidak memiliki gejala apapun dengan masa inkubasi virus yang terlama.

Pasien bermarga Xie di Hubei  kembali ke kota Xianfeng dari Wenzhou melalui Yichang pada 13 Januari lalu. Abangnya pulang ke Xianfeng langsung dari Wuhan. Pada 18 Februari  Xie mengantar dan menemani ibunya yang sakit, bukan sakit pneumonia Wuhan untuk menjalani opname di rumah sakit Xianfeng. 

Rumah sakit Xianfeng melakukan pemeriksaan sampel asam nukleat Xie dan hasilnya yang disampaikan pada 20 Februari menunjukkan dia positif terinfeksi.

Sejak Xie berada di rumah hingga 20 Februari atau terhitung 38 hari, ia tidak memiliki gejala seperti demam, batuk, diare dan lainnya, namun hasil tes asam nukleat membuktikan bahwa ia terinfeksi COVID-19. 

Sebelumnya pihak berwenang Tiongkok mengatakan bahwa masa inkubasi COVID-19 adalah antara 2 hingga 10 hari, meskipun bisa sampai 14 hari. Masa inkubasi COVID-19 yang dipahami masyarakat adalah 14 hari.

Namun, kasus dengan masa inkubasi lebih dari 14 hari terus bermunculan di banyak bagian benua. Ada yang 16 hari, 24 hari, dan 42 hari.

Pada saat yang sama, orang yang melalui tes asam nukleat terbukti terinfeksi COVID-19 tetapi tidak memiliki gejala apapun,  juga ditemukan cukup banyak. Hal itu membuat epidemi lebih sulit untuk dipahami.

Pada 20 Februari, 2 kasus infeksi tanpa gejala telah ditemukan terjadi di provinsi Guangxi dan Henan, dengan durasi tanpa gejala masing-masing mencapai 16 dan 17 hari.

Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok menyatakan bahwa infeksi tanpa gejala juga dapat menjadi sumber penyebaran virus, dan beberapa infeksi tanpa gejala akan memiliki manifestasi klinis di kemudian hari. Sampai sekarang, sudah banyak kasus penularan COVID-19 kepada anggota keluarga oleh orang yang diduga sehat karena tidak memiliki gejala sakit. (sin)

Video Rekomendasi :