Erabaru.net. Jauh di dalam dataran tinggi di Skotlandia ada sebuah gua yang sampai saat ini benar-benar belum dijelajahi.

Ketika para arkeolog dari Universitas Dundee, Skotlandia, menemukan gua mereka sangat terpesona oleh apa yang mereka temukan di dalam – kerangka manusia.

(Foto: University of Dundee)

Setelah pemeriksaan cepat, para arkeolog dapat menyimpulkan bahwa tubuh di dalamnya adalah milik seorang pria, yang meninggal antara 430 dan 630 M dan bahwa ia ‘dibunuh secara brutal’, menurut BBC.

Meskipun mereka tidak tahu mengapa orang itu dibunuh, mereka percaya dia menderita lima pukulan di kepalanya yang membuat tengkoraknya retak, sehingga membunuhnya.

Yang menarik, kerangka pria itu ditempatkan dalam posisi bersila misterius dengan batu-batu menopang kaki dan lengannya.

(Foto: University of Dundee)

Pemimpin penggalian Steven Birch yang mengeksplorasi masalah ini, mengatakan:

“Memiliki spesialisasi dalam arkeologi gua prasejarah di Skotlandia selama beberapa tahun sekarang, saya terpesona dengan hasilnya. Di sini, kita memiliki seorang pria yang telah dibunuh secara brutal, tetapi yang telah dibaringkan di gua dengan beberapa pertimbangan – disandarkan di dalam gua yang gelap, dan ditutup oleh batu-batu pantai.

“Meskipun kami tidak tahu mengapa orang itu terbunuh, penempatan jenazahnya memberi kami wawasan tentang budaya orang-orang yang menguburkannya.”

Mungkin pembunuhannya adalah akibat dari konflik interpersonal; atau adakah unsur pengorbanan yang berhubungan dengan kematiannya?

Hebatnya, setelah penemuan para ilmuwan mampu membuat rekonstruksi wajah orang tak dikenal itu. Cukup tampan.

(Foto: University of Dundee)

Prof. Black, dari universitas, mengatakan: “Ini adalah kerangka yang menakjubkan dalam kondisi pengawetan yang luar biasa yang telah diawetkan secara ahli.”

“Dari mempelajari jenazahnya kami belajar sedikit tentang kehidupannya yang singkat tetapi lebih banyak tentang kematiannya yang kejam.”

“Seperti yang dapat Anda lihat dari rekonstruksi wajah ia adalah seorang pria muda yang tampan, tetapi ia menemui akhir yang sangat brutal, menderita minimal lima luka parah di kepalanya.”

Luar biasa.(yn)

Sumber: Unilad

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: SAINS SAINS NEWS

Video Popular