- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Hanya Kurang 3 Menit Tak Gunakan Masker Saat Berbicara, Seorang Pria yang Terinfeksi Virus Corona Menulari Tetangganya

Epochtimes.com

Sebuah surat terbuka yang dikeluarkan oleh pejabat Kota Nanyang, Provinsi Henan, Tiongkok pada tanggal 18 Februari 2020 mengumumkan bahwa seorang pria yang terinfeksi dari istrinya di Distrik kota Wolong, menginfeksi tetangganya. Itu setelah ia berbicara dengan tetangganya tanpa mengenakan masker dalam waktu kurang dari 3 menit.

Isi surat terbuka itu menyebutkan, bahwa Pria itu di Kabupaten Tongbai, beberapa kali makan dengan kerabatnya dan mengunjungi tetangganya. Akibatnya, 8 kerabat dan tetangganya juga  didiagnosis terinfeksi. Sebanyak 64 orang diisolasi secara medis untuk observasi lebih lanjut.

Surat terbuka juga menyatakan bahwa jumlah kasus yang dikonfirmasi, kasus yang diduga dan dalam pengamatan medis akibat virus corona di Kota Nanyang masih meningkat. 

Jumlah itu ditambah dengan pekerja yang kembali masuk kerja. Termasuk, para pemudik yang kembali setelah Tahun Baru Imlek akan menghadapi lebih banyak ketidakpastian dan tantangan.

Kota Nanyang berada dekat dengan Provinsi Hubei dan dekat dengan Kota Wuhan. Ada 5 kabupaten dan kota yang berbatasan yakni Xiangyang, Suizhou, dan Shiyan, dan jarak perbatasannya lebih dari 600 kilometer. Adapun 3 kota tetangga di Hubei semuanya adalah daerah yang dilanda wabah corona. 

Setelah merebaknya virus corona baru di Tiongkok, Provinsi Henan juga merupakan salah satu daerah yang terdampak. Bahkan, Kota Nanyang adalah daerah yang “sangat terdampak”.

Nanyang adalah kota berpenduduk dan memiliki pekerja dalam jumlah besar di Henan.

Pada tanggal 24 Januari, Kota Nanyang meluncurkan respons tingkat pertama terhadap keadaan darurat kesehatan masyarakat terkait virus corona. 

Pada tanggal 31 Januari 2020, Nanyang mengeluarkan perintah pembatasan “paling ketat” yakni : mobil pribadi dengan pembatasan nomor ganjil dan genap, taksi dan sewa mobil online berhenti beroperasi, menutup 9 pintu tol dengan kondisi bypass dan menerapkan manajemen tertutup selama 24 jam di komunitas penduduk perkotaan.

Aturan lainnya adalah setiap komunitas warga hanya ada satu pintu masuk dan keluar. Kendaraan yang bukan milik warga setempat dilarang masuk.  Sedangkan semua pengunjung dari luar komunitas warga disarankan untuk pulang.  (hui)

Video Rekomendasi :