Simone Gao – NTD

Berikut ini awancara mengenai wabah Virus Coroma Wuhan yang kian merebak,  antara Simone Gao, produser program “Zooming In” yang mendapatkan penghargaan dari New Amerika Media Episode  dengan Dr. Lin Xiaoxu, seorang ahli mikrobiologi terlatih Tiongkok dan Amerika. Dr. Lin Xiaoxu adalah mantan direktur laboratorium cabang penyakit virus dari institut penelitian walter reed army yang terlibat dalam respon wabah untuk MERS di Tengah Timur pada tahun 2014.

Narasi: Dua bulan Epidemi Coronavirus Wuhan…

Lin Xiaoxu: Jika anda melihat CCTV, media Tiongkok, anda masih akan melihat 99% laporan wabah Coronavirus, yang menekankan betapa banyak upaya yang sudah dilakukan pemerintah Tiongkok.

Simone Gao: Mereka melaporkan pihak berwenang medis membatasi kit pengujian
yang dapat digunakan rumah sakit.

Lin Xiaoxu: Jadi permohonan saya ke Pusat Pencegahan dan Pengendalian  Penyakit Amerika Serikat adalah jangan menggunakan data resmi Tiongkok sebagai satu-satunya sumber data untuk Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat untuk mengetahui situasi wabah Coronavirus yang sebenarnya.

Narasi: Seluruh Tiongkok dikarantina.

Simone Gao: Masalah apa lagi yang akan muncul dari karantina kota dan provinsi yang lama ini dan pada dasarnya seluruh negeri?

Lin Xiaoxu: Saya pikir ini akan berubah dengan cara yang sangat mendasar mengenai cara rakyat Tiongkok menjalani kehidupannya selama beberapa bulan ke depan.

Narasi: Dan muncul laporan bahwa Partai Komunis Tiongkok bersiap untuk yang terburuk.

Simone Gao: Apa maksudnya? Partai Komunis Tiongkok hanya memiliki sumber daya untuk melindungi 11 kota saja dan tidak memiliki sumber daya untuk melindungi kota lainnya atau Partai Komunis Tiongkok tidak peduli. Partai Komunis Tiongkok hanya peduli dengan 11 kota itu saja. Apa maksud Partai Komunis Tiongkok?

Narasi: Apakah wabah Coronavirus Wuhan akan setingkat dengan wabah SARS, MERS dan Ebola atau apakah akan jauh lebih buruk? Bagaimana rakyat Tiongkok mengatasi krisis ini? Dan apa itu intinya kepemimpinan Partai Komunis Tiongkok jika epidemi Coronavirus tumbuh di luar kendali?

Wawancara saya dengan Dr. Lin Xiaoxu, seorang ahli mikrobiologi terlatih Tiongkok dan Amerika. Ia adalah direktur laboratorium cabang penyakit virus dari institut penelitian walter reed army yang terlibat dalam respon wabah untuk MERS di Tengah Timur pada tahun 2014.

Simone Gao: Saya Simone Gao, dan anda sedang menyaksikan Zooming In.
Judul: Bagaimana Wabah Coronavirus Wuhan Berubah menjadi Drama Politik: Dr. Lin Xiaoxu

Simone Gao: Terima kasih banyak Dr. Lin Xiaoxu karena telah bersama kami Zooming In hari ini.

Lin Xiaoxu: Terima kasih banyak. Saya senang dapat bersama anda.

Simone Gao: Artikel Lancet menyatakan bahwa Pasar Makanan Laut Huanan bukan satu-satunya sumber Coronavirus dan mungkin Pasar Makanan Laut Huanan juga bukan asal usul Coronavirus. Majalah Science setuju dengan kesimpulan itu dan mengatakan asal usul Coronavirus belum ditemukan. Apa yang dikatakan untuk pengembangan vaksin dan apa itu berarti pengendalian epidemi?

Lin Xiaoxu: Pertama mari kita bicara mengenai laporan dari jurnal Lancet ini. Jadi pada dasarnya penelitian ini mempelajari 41 pasien pertama yang awalnya diidentifikasi di Wuhan, Tiongkok. Jadi di antara mereka hanya 27 orang yang benar-benar memiliki riwayat terkait ke Pasar Makanan Laut Huanan. Disebut pasar makanan laut, tetapi pada dasarnya pasar itu adalah pasar hewan hidup yang menjual unggas hidup juga.

Jadi sebenarnya 14 dari 41 pasien tidak memiliki riwayat mengunjungi Pasar Makanan Laut Huanan. Jadi hal ini menimbulkan pertanyaan besar. Jadi bagaimana orang-orang ini menjadi terinfeksi?

Dan kini 14 orang ini sebenarnya cenderung berinteraksi dengan 27 pasien lain yang bukan kasus Coronavirus. Dan juga laporan Lancet lainnya yang mempelajari enam pasien yang sebenarnya berasal dari Shenzhen, jauh di selatan Tiongkok, dan di antara enam pasien ini, lima orang dari mereka mengunjungi Wuhan, dua orang dari mereka mengunjungi rumah sakit setempat, tetapi saat mereka kembali ke Shenzhen, mereka juga menularkan virus tersebut ke anggota keluarga lain. Jadi pasien pada semua kasus-kasus ini tidak terkait dengan Pasar Makanan Laut Huanan.

Dan juga laporan lain menyebutkan bahwa salah satu pasien paling awal yang diidentifikasi sebenarnya adalah pada tanggal 1 Desember 2019. Dan kasus itu juga tidak berhubungan dengan Pasar Makanan Laut Huanan. Jadi hal ini menimbulkan pertanyaan besar.

Pasar Makanan Laut Huanan mungkin saja menyebabkan sejumlah besar pasien terinfeksi tetapi Makanan Laut Huanan bukanlah satu-satunya tempat yang menyebabkan infeksi Coronavirus.

Jadi itulah alasannya mengapa sulit untuk mengidentifikasi asal infeksi yang sebenarnya. Jadi ini menjadi cerita yang sama sekali berbeda dari apa yang dilakukan pemerintah Tiongkok pada awalnya dikatakan karena jika anda membaca peringatan kesehatan masyarakat dari Komisi Kesehatan Masyarakat atau Komisi Kesehatan di kota Wuhan…pada tanggal 31 Desember 2019 dan tanggal 3 Januari dan 5 Januari 2020 mereka merilis peringatan awal kesehatan masyarakat. Mereka selalu menyebutkan bahwa ini terkait dengan Pasar Makanan Laut Huanan.

Share

Video Popular