- Erabaru - http://www.erabaru.net -

100.000 Tentara Bebek Telah Dipersiapkan untuk Memerangi Wabah Belalang di Pakistan

Erabaru.net. Tiongkok telah mempersiapkan 100.000 tentara bebek untuk memerangi wabah belalang di Pakistan.

Para pejabat setempat mengatakan, belalang padang pasir yang mengunyah tanaman merupakan ancaman bagi ketahanan pangan regional Tiongkok, dan karenanya pencegahan invasi belalang dari negara tetangga Pakistan adalah yang paling penting.

Situasi hama sangat parah di Pakistan sehingga keadaan darurat diumumkan awal bulan ini, dengan jumlah belalang yang tertinggi dalam lebih dari dua dekade – jutaan serangga itu juga telah menghancurkan tanaman di India dan Afrika Timur.

[1]

Menurut Lu Lizhi, seorang peneliti senior di Akademi Ilmu Pengetahuan Pertanian Zhejiang, Tiongkok, pasukan unggas air berkekuatan 100.000 orang akan dikirim ke Pakistan pada awal paruh kedua tahun ini, lapor Bloomberg.

Lu – yang bertanggung jawab atas proyek bersama universitas di seberang perbatasan – mengatakan bahwa bebek adalah ‘senjata biologis’, dengan seekor bebek yang memiliki kapasitas untuk makan 200 belalang sehari dan lebih efektif daripada pestisida.

Ayam, sebagai perbandingan, hanya bisa makan 70 belalang sehari.

[2]
Ilustrasi (Fofot: Pixabay)

“Bebek suka tinggal dalam kelompok sehingga mereka lebih mudah dikelola daripada ayam,” kata Lu, seperti dikutip BBC.

Rencana tersebut datang ketika para ahli dikirim ke Pakistan untuk mempelajari situasi dan mengembangkan ‘program yang ditargetkan’ melawan wabah.

Namun, tentara tidak akan langsung dikirim – percobaan yang melibatkan bebek akan dilakukan di Provinsi Xinjiang, barat Tiongkok dalam beberapa bulan mendatang, Lu menambahkan.

Jika uji coba ini berhasil, mereka akan dikirim ke daerah-daerah yang paling parah terkena dampaknya di seluruh Pakistan, seperti Provinsi Sindh, Bolochistan, dan Punjab.

Saat ini tidak ada rencana untuk menggelar tentara ke Ethiopia, Kenya dan Somalia, yang semuanya berjuang melawan kawanan serangga yang sama, yang belum pernah terjadi sebelumnya dan yang menghancurkan, menurut PBB (biaya saat ini melawan belalang-belalang tempur di benua itu telah menggelembung sampai lebih dari 1.8 triliun).

[3]
(Foto: PA)

Ini bukan pertama kalinya bebek dipekerjakan: kembali pada tahun 2000, pasukan yang lebih kecil berkekuatan 30.000 orang dikumpulkan dan dikerahkan ke Xinjiang untuk mengatasi kutu belalang masa lalu. (yn)

Sumber: Unilad

Video Rekomendasi: