NTDTV.com

Sebagi langkah meluas penyebaran wabah virus corona, Kantor berita CNA – Central News Agency – Taiwan mengutip laporan NHK, mengatakan bahwa Gubernur Hokkaido Naomichi Suzuki dan Dewan Pendidikan Hokkaido mendesak pemda setempat untuk sementara meliburkan sekolah dasar dan menengah. Total sekitar 1.600 sekolah memutuskan untuk sementara meliburkan kelas belajar mengajar selama sekitar satu minggu.

Mulai Jumat (28/2/2020) Ibu Kota Hokkaido yakni Sapporo, mulai menutup kegiatan belajar mengajar hingga 6 Maret 2020. 

Di Sapporo, ada sekitar 300 sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. Penutupan sekolah itu tak berlaku bagi tempat penitipan anak dan tempat kegiatan anak-anak sekolah dasar setelah usai sekolah.

Salah satu  orangtua siswa mengatakan, bahwa meskipun anak-anak yang diliburkan dari sekolah itu cukup merepotkan bagi mereka yang harus bekerja. Akan tetapi,   lebih baik daripada membiarkan wabah menyebar. 

Sementara itu, orangtua lainnya mengatakan, tidak mungkin bekerja sepanjang hari jika anak-anak berada di rumah. Ia akan mengajukan cuti setengah hari mulai besok.

Dewan Pendidikan Kota Sapporo, yang memutuskan untuk menunda sekolah selama delapan hari di Sapporo. Dewan itu mengatakan, keputusan utama kota Sapporo, yang memiliki sekitar 90.000 siswa di 300 sekolah, dewan pendidikan setempat memutuskan meliburkan sekolah saat pemerintah Hokkaido mengambil langkah-langkah pencegahan wabah. Tujuannya agar upaya pencegahan mencapai hasil yang diharapkan.

 Bagi keluarga orangtua tunggal atau kedua orangtua yang harus bekerja, libur sekolah akan membuat orangtua harus mengambil cuti untuk mengurus anak-anak mereka. 

Seorang ortu mengatakan bahwa dari sudut pandang Pemerintah Kota Sapporo, ia juga akan meminta manajemen perusahaan untuk bekerja sama dengan kebijakan pencegahan wabah pemda setempat.

 Badan penyiaran umum Jepang -NHK- melaporkan, sambil mengenakan masker wajah, Gubernur Hokkaido Naomichi Suzuki mengatakan bahwa penyebaran wabah itu telah menjadi situasi serius. Agar wabah bisa segera mereda, satu atau dua minggu ke depan adalah waktu yang sangat penting. Diharapkan lembaga medis setempat bekerja sama dengan pemerintah kota di semua tingkatan dan bersatu untuk mencegah penyebaran wabah. (jon)

Video Rekomendasi : 

Share

Video Popular