Erabaru.net. Katakan tidak pada jabat tangan, tolak setiap kecupan di pipi dan jangan sampai memeluk. Sebagai gantinya, cobalah tatapan langsung, atau mungkin isyarat tangan.

Di seluruh dunia orang mengubah kebiasaan mereka di tempat kerja, di rumah dan dalam ibadah untuk mengurangi risiko tertular COVID-19 dan mencegahnya menyebar lebih jauh.

AFP melihat perubahan perilaku karena virus yang mematikan ini, yang telah menewaskan ribuan orang di seluruh dunia.

Tiongkok

Di Beijing, ibu kota negara tempat wabah dimulai, terpasang papan merah memberi tahu orang-orang untuk tidak berjabat tangan, tetapi untuk menyatukan tangan mereka sendiri sebagai tanda salam.

Pengeras suara memberitahu orang-orang untuk membuat gerakan gong shou tradisional – kepalan tangan di telapak tangan yang berlawanan – untuk menyapa.

Perancis

Surat kabar telah diisi dengan saran tentang cara mengganti ciuman di pipi – sapaan sehari-hari di Perancis, bahkan di antara orang-orang yang baru saja bertemu – dan berjabat tangan, formalitas yang sama di tempat kerja.

Pakar etiket Philippe Lichtfus, yang telah banyak dikutip di media, mengatakan jabat tangan adalah perkembangan yang relatif baru yang dimulai pada Abad Pertengahan.

Dia mengatakan hanya dengan menatap mata seseorang saja sudah cukup sebagai salam.

Brasil

Kementerian Kesehatan Brazil telah merekomendasikan agar penduduk tidak berbagi sedotan logam yang digunakan untuk mengkonsumsi minuman khas Amerika Selatan yang kaya kafein, juga dikenal sebagai chimarrao.

Jerman

Sebagai tanda zaman, Menteri Dalam Negeri Jerman Horst Seehofer menolak upaya Kanselir Angela Merkel untuk bersalaman dengannya pada hari Senin, tersenyum dan menjaga kedua tangannya untuk dirinya sendiri.

Mereka berdua tertawa dan Merkel mengangkat tangannya di udara sebelum duduk.

Spanyol

Wabah itu bisa menghantam salah satu tradisi di Spanyol yang paling dihargai – mencium patung Maria dalam minggu menjelang Paskah.

Dengan hanya satu bulan sebelum minggu dimulai, ritual itu bisa dilarang. “Ini adalah salah satu langkah yang ada di atas meja,” kata pejabat kesehatan nasional Fernando Simon.

Selama minggu suci, orang-orang yang setia mengantri untuk mencium tangan atau kaki patung Maria dan orang-orang kudus, untuk mendapat perlindungan mereka.

Rumania

Festival Martisor di Rumania menandai awal musim semi ketika tali dan bunga talismanic dibagikan, seringkali dari pria ke wanita.

Tetapi pemerintah telah menyampaikan pesan kepada orang-orang dan mendesak mereka untuk menyerahkan bunga dan jimat tanpa disertai ciuman. “Mari kita beri bunga tapi bukan ciuman,” kata Nelu Tataru, sekretaris negara di kementerian kesehatan.

Polandia

Di Polandia, salah satu negara paling Katolik di Eropa, umat beriman diizinkan untuk mengambil “persekutuan spiritual” alih-alih mengonsumsi roti komunal – atau dapat diambil di tangan daripada di mulut.

Umat ​​beriman juga diminta untuk tidak mencelupkan tangan mereka ke dalam air suci ketika masuk dan keluar dari gereja dan sebagai gantinya membuat tanda salib.

Iran

Di Iran, di mana puluhan orang telah terbunuh oleh virus ini, sebuah video telah beredar menunjukkan tiga teman bertemu – tangan di saku mereka, dengan dua dari mereka mengenakan masker – mengetuk kaki satu sama lain sebagai salam.

Video serupa di Lebanon menunjukkan penyanyi Ragheb Alama dan komedian Michel Abou Sleiman saling mengetuk kaki sambil membuat suara ciuman dengan mulut mereka.

Selandia Baru

Beberapa lembaga pendidikan di Selandia Baru untuk sementara meninggalkan salam Maori yang dikenal sebagai hongi – yang melibatkan dua orang menyatukan hidung mereka.

Politeknik Wellington, WelTec, mengatakan bahwa alih-alih staf menyapa siswa baru dengan hongi, upacara penyambutannya akan mencakup waiata, atau lagu Maori.

Australia

Menteri Kesehatan New South Wales Brad Hazzard mendesak warga Australia untuk mencium dengan hati-hati dan menyarankan tepukan di punggung alih-alih jabat tangan.

“Ini adalah hal yang sangat Australia untuk mengulurkan tangan untuk berjabat tangan, misalnya. Saya akan menyarankan kepada masyarakat … sudah saatnya warga Australia saling menepuk punggung untuk sementara waktu – tidak berjabat tangan, ” katanya.

“Ada hal-hal lain yang bisa dilakukan – aku tidak akan mengatakan jangan berciuman, tapi tentu saja kamu bisa melakukan perawatan dan kehati-hatian dengan siapa yang kamu pilih untuk dicium.”

UAE

Uni Emirat Arab, serta Qatar, menyarankan warga untuk menghentikan salam tradisional “hidung ke hidung”.

UAE juga mengatakan bahwa orang tidak boleh berjabatan tangan atau berciuman. Sapa satu sama lain “hanya dengan melambai”, katanya.

Amerika Serikat

Bintang-bintang NBA telah diberikan serangkaian rekomendasi termasuk bahwa pemain yang berinteraksi dengan para penggemar harus menabrak kepalan tangan dan menghindari mengambil barang-barang seperti pena, bola dan kaus untuk ditandatangani, ESPN melaporkan.

Beberapa pemain telah mengambil langkah-langkah untuk membatasi pemaparan mereka terhadap virus. Bintang Portland Trail Blazers C.J. McCollum mengatakan dia tidak lagi menandatangani tanda tangan karena wabah tersebut.

“Pastikan kalian mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik atau lebih dan menutup mulutmu ketika batuk,” tulis McCollum di Twitter.(yn)

Sumber: Asiaone

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular