Erabaru.net. Foto-foto yang luar biasa telah muncul dari Australia yang memperlihatkan momen ketika seekor babi liar dibawa terbang dengan cakar seekor elang laut yang sangat besar.

Fotografer berusia 75 tahun, Clarke Espie, sedang mengemudi kembali ke perkemahannya di Cromarty Wetlands, Queensland ketika dia mendengar jeritan bernada tinggi dari atas.

Dengan nalurinya, Clarke meraih kameranya dan tercengang melihat seekor babi yang tak berdaya menjerit saat dibawa terbang oleh sepasang elang laut yang besar.

Kedua elang membawa anak babi malang menyeberangi danau sebelum duduk bersama untuk makan dagingnya.

Clarke, yang bekerja sebagai penyelam komersial dan pembuat film dokumenter selama 35 tahun, mengatakan:

“Saya diundang untuk menangkap kehidupan burung yang unik dan beragam yang menghuni lahan basah kelas dunia ini. Sedikit yang saya bayangkan menyaksikan dua elang laut besar menukik rendah di atas kendaraan saya, satu dengan babi liar yang dicengkeram kuat di cakarnya yang kuat.

“Meskipun sayapnya kuat, elang laut berjuang untuk mendapatkan ketinggian sebelum mendaratkan mangsanya di sebuah pulau kecil di lahan basah, di mana elang bersama-sama berbagi mangsanya.

“Aku buru-buru memotret gambar-gambar ini dengan lensa Telefoto 500mm saat elang laut terbang. Itu adalah salah satu pemandangan paling tidak biasa yang pernah saya lihat.

“Saya pikir itu pasti ikan pada awalnya, tetapi begitu saya fokus, saya bisa melihat itu adalah anak babi. Beratnya pasti sekitar 5kg. Jelas bukan sesuatu yang saya saksikan sebelumnya.”

Clarke menambahkan bahwa dia dibuatnya ‘tercengang’ oleh satu-satunya pertemuan:

“Saya telah melihat elang laut berperut putih yang mengagumkan dalam penyelaman dangkal untuk merebut mangsa dengan cakar yang besar dan kuat, mengambil ikan, burung air, kura-kura, kelinci, rubah terbang dll. Sebelum sekarang, tapi ini adalah sesuatu yang sangat jarang terlihat . Saya terkejut.”

Elang laut berperut putih ini biasanya dapat diamati bertengger di atas pohon atau menjulang di atas saluran air dan tanah yang berdekatan di dekat pantai Australia.

Yang menarik, burung-burung agung ini membentuk pasangan permanen yang terus menghuni wilayah sepanjang tahun. Lebar sayap mereka yang kuat dapat mencapai lebar lebih dari 2 meter.

Elang laut terutama memakan hewan air, termasuk ikan, kura-kura dan ular laut. Namun, mereka juga bisa makan pada burung dan mamalia. Seorang pemburu yang sangat terampil, elang laut dapat menyerang mangsa hingga seukuran angsa.

Babi liar secara luas dianggap sebagai hama di Queensland, dikenal karena menyebarkan gulma, menghancurkan tanah dan air, memangsa spesies asli dan merusak tanaman dan gudang. Diyakini mungkin ada hingga 24 juta babi liar di Australia.(yn)

Sumber: Unilad

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular