Xia Yu

U.S. Environmental Protection Agency (EPA) atau Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat telah merilis daftar lima produk desinfektan untuk mencegah penyebaran virus corona. EPA mengklaim bahwa kekuatan produk disifektan pada daftar tersebut cukup untuk melindungi diri dalam mengekang virus corona Wuhan atau COVID-19.

Menurut EPA, produk dalam daftar tersebut “sesuai dengan ketentuan untuk penggunaan terhadap COVID-19” melalui program “Emerging Viral Pathogen program” dari badan tersebut (EPA). Seorang juru bicara EPA mengatakan perusahaan harus menunjukkan produk mereka efektif terhadap virus yang bahkan lebih sulit untuk dibunuh daripada COVID-19. Mereka juga mencatat bahwa produk apa pun tanpa nomor registrasi EPA belum ditinjau oleh agensi.

Andrew Wheeler, Kepala Badan Perlindungan Lingkungan Hidup Amerika Serikat (EPA), mengatakan dalam siaran pers bahwa “menggunakan disinfektan yang sesuai adalah salah satu cara penting untuk mencegah dan mengurangi penyebaran penyakit. 

Cara lain adalah mencuci tangan sesering mungkin untuk mencegah masuknya mikroba baru.”

Menurut EPA, melindungi kesehatan dan keselamatan rakyat Amerika adalah prioritas yang lebih tinggi bagi Presiden Amerika Serikat, Donald  Trump. EPA memberikan informasi penting tentang produk disinfektan secara transparan untuk membantu mengurangi penyebaran COVID-19.” EPA juga mengatakan, bahwa konsumen disarankan untuk mengikuti instruksi pada label disinfektan.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengatakan, pilihan terbaik untuk menjaga tangan terbebas dari kuman adalah dengan mencuci dengan sabun dan air selama 20 detik. Pembersih tangan dengan setidaknya 70 persen alkohol juga dapat mengurangi jumlah kuman di tangan, tetapi CDC mengatakan produk yang bebas alkohol atau memiliki persentase alkohol yang lebih rendah tidak seefektif itu.

Amesh A. Adalja, seorang sarjana senior di Johns Hopkins Center for Health Security, mengatakan bahwa produk disinfektan yang telah terbukti efektif terhadap virus korona lainnya juga dianggap efektif terhadap virus corona baru Wuhan.  

Menurut CDC, mencuci tangan dengan sabun dan air merupakan cara terbaik untuk mencegah penyebaran virus.

Virus korona baru terutama ditularkan melalui udara, seperti batuk, bersin, dan meludah. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan bahwa penularan dari orang ke orang adalah yang paling umum.

Menurut CDC, meskipun hanya menyentuh mulut atau mengusap mata setelah menyentuh permukaan suatu benda yang terkontaminasi virus, orang itu juga dapat terinfeksi, namun, mungkin itu bukan cara utama penularan virus. Jadi efektivitas tisu desinfektan hanya sebatas itu. 

Berikut adalah beberapa disinfektan terdaftar dari EPA:

Lorox Multi Surface Cleaner + Bleach

Clorox Disinfecting Wipes

Clorox Commercial Solutions® Clorox® Disinfecting Spray

Lysol brand Heavy-Duty Cleaner Disinfectant Concentrate

Lysol Disinfectant Max Cover Mist

Lysol brand Clean & Fresh Multi-Surface Cleaner

Purell Professional Surface Disinfectant Wipes

Sani-Prime Germicidal Spray

(jon)

Share

Video Popular